Ekonomi BisnisTahun Ini REI Targetkan Bangun 9.000 Rumah untuk TNI...

Tahun Ini REI Targetkan Bangun 9.000 Rumah untuk TNI di Jateng

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG- Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Real Estate Indonesia (REI) Provinsi Jawa Tengah menargetkan mampu membangun sebanyak 9.000 unit rumah untuk anggota TNI di Jateng sepanjang 2019.

Ketua DPD REI Jateng MR Prijanto mengatakan, jika pengembang sangat tertarik membuat rumah untuk anggota TNI. Pasalnya, saat ini para anggota TNI telah mempunyai Tabungan Wajib Perumahan (TWP) untuk membeli rumah.

“Kami telah bekerjasama dengan para anggota TNI untuk membuatkan rumah. Sedangkan untuk pembayaran diambilkan dari TWP yang mereka punya,” kata Prijanto saat pembukaan Diklat DPD REI Jateng, Selasa (12/2).

Dijelaskan, jika saat ini sudah sepakat untuk membangun 400 unit rumah bagi para anggota TNI di Kabupaten Magelang. Sementara daerah lain menyusul karena program ini sangat bagus.

Prijanto menuturkan, untuk rumah yang akan dibangun yakni tipe 36 dengan harga di atas Rp 185 juta. Ini merupakan peluang bagus bagi para pengembang khususnya anggota REI Jateng.

“Saat ini memang baru Magelang yang sudah deal untuk dibangun rumah bagi anggota TNI. Untuk daerah lain di Jateng akan menyusul,” katanya.

Sebelumnya, Soelaeman Soemawinata, Ketua Umum REI menuturkan tiga usulan ini telah disampaikan kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla sebagai ketua Tim Pengembangan Perumahan bagi ASN, TNI dan Polri.

Ketiga usulan ini diharapkan dapat diakomodir dalam aturan yang sedang dirancang di bawah koordinasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Kami mengusulkan beberapa hal mendasar. Bagaimana perumahan ASN, TNI dan Polri ini bisa diwujudkan,” kata Soelaeman beberapa waktu lalu.

Usul yang disampaikan REI ini yakni, pertama, berupa pengurangan pajak. Soelaeman menyebutkan dalam aturan saat ini, hanya rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang diberikan pembebasan PPN. Aturan yang sama diharapkan juga diberikan bagi rumah untuk aparatur negara ini.

“Kami usulkan untuk rumah non MBR juga dipadukan dengan peraturan menteri keuangan rumah MBR. Kami mengusulkan PMK berlaku namun untuk rumah di atas MBR kami usulkan (pajak yang digunakan sebagai dasar perhitungan hanya) selisihnya,” kata Soelaeman.

Usulan lainnya yang disampaikan REI kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla yakni seluruh aparatur negara yang mengajukan permohonan rumah langsung disetujui tanpa mekanisme resmi dalam aturan pembiayaan perbankan.

“Mereka, ASN, TNI dan Polri kan dijamin negara, jadi ya langsung saja (disetujui),” katanya.

Sedangkan usulan ketiga dari REI yakni mengenai rumah kosong dikecualikan bagi ASN. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

PLN UP2D Garap Pemeliharaan Kubikel GI Mranggen

SEMARANG- PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Jawa Tengah dan DIY, pada Minggu (21/11/2021) telah melaksanakan kegiatan pemeliharaan rutin...

BCA Hadirkan Bakti Sosial Operasi Katarak Bersama Perdami

PURWOKERTO, 27 November 2021 – Katarak menjadi salah satu penyebab kebutaan bagi indera penglihatan yang dapat diderita siapa saja....

DPD MKGR Jawa Tengah Dukung Airlangga Hartarto Jadi Presiden

SEMARANG - Pelantikan Pengurus DPD Ormas MKGR Jawa Tengah digelar di Ballroom Hotel Santika Kota Semarang, Sabtu (27/11/2021). Sebelumnya, Musda...

SGM Eksplor Apresiasi Guru Bersama Alfamart

JAKARTA - Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia melalui merek susu pertumbuhan SGM Eksplor bekerja sama dengan PT Sumber Alfaria...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Ada Pameran SAUTO Expo di Mal Ciputra Semarang, Deretan Mobil Baru Turut Dihadirkan

SEMARANG - Deretan mobil terbaru bakal dipamerkan dalam SAUTO Expo di atrium Mal Ciputra Semarang pada 26 November hingga...

200 Pedagang Pasar Kaliwungu Kendal Gunakan Transaksi Digital QRIS

KENDAL - Sebanyak 200 pedangang di Pasar Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah sudah menggunakan transaksi digital dengan Quick Response...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda