Ekonomi BisnisPengembang Rumah Subsidi Galau Tunggu Keputusan Harga dari Pemerintah

Pengembang Rumah Subsidi Galau Tunggu Keputusan Harga dari Pemerintah

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG – Pengembang rumah subsidi di Jawa Tengah masih galau memasarkan huniannya tahun ini. Pasalnya, pemerintah belum juga memutuskan harga standar penjualan rumah subsidi tersebut.

Ketua DPD REI Jateng, MR Prijanto mengatakan, belum diputuskannya harga rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) membuat pengembang bingung menjual rumah, padahal harga tanah dan pendukung lainnya sudah naik.

Menurutnya, kenaikan harga rumah subsidi tersebut sudah harus dilakukan pada Januari atau Februari 2019, namun hingga April ini belum diputuskan juga.

“Kalau harga rumah MBR masih sama dengan tahun lalu tentu mengurangi margin, harga tanah sudah naik, namun harga rumah belum naik. Bahan material, tenaga kerja juga naik ini membuat agak merepotkan,” kata MR Prijanto, Kamis (4/4/19).

Adapun saat ini kata dia, harga rumah MBR masih dipatok Rp 130 jutaan. Untuk kenaikan diperkirakan akan mencapai Rp 140 jutaan per unit. Kenaikan tersebut lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya atau lebih dari 5%.

“Keputusan harga rumah MBR sangat diharapkan masyarakat maupun developer. Mudah-mudahan di bulan April bisa segera diputuskan,” jelasnya.

Meski demikian, belum diputuskan harga rumah subsidi menjadi kesempatan bagi pengembang yang masih memiliki stok lama untuk segera dijual.

Dikatakan, Kota Semarang saat ini sudah tidak ada lagi rumah MBR. Sedangkan di Jateng rumah MBR terdapat cukup banyak di Banyumas, Solo Raya, Kendal, Jepara, dan Boyolali.

“Jepara sudah banyak pabrik-pabrik ke sana. Teman-teman pengembang akan bangun ribuan di Jepara dan di Boyolali juga banyak,” tandasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

PLN Berikan Bantuan Listrik Gratis di Jawa Tengah

SEMARANG - PLN memberikan bantuan penyambungan listrik gratis kepada masyarakat kurang mampu yang berada di wilayah Jawa Tengah. Bantuan...

Pakai Smartfren di Realme C21 Ada Bonus Kuota 384 GB Hingga Hadiah Smart TV

JAKARTA - Smartfren kembali menghadirkan paket bundling terbaik untuk seluruh masyarakat Indonesia. Kali ini pelanggan yang membeli smartphone Realme...

XL Axiata Donasikan 100 Laptop ke Belasan Pesantren

BOYOLALI -  PT XL Axiata (XL Axiata) menyalurkan donasi 100 unit laptop dan sarana akses internet untuk 12 pondok pesantren...

Apindo Semarang Jamin Perusahaan Bayar THR Secara Penuh

SEMARANG - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Semarang memastikan perusahaan di kawasan ini akan membayar Tunjangan Hari Raya (THR)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Dipimpin Evolusi OLED, Lini TV LG Tahun 2021 Siap Meluncur

JAKARTA - PT LG Electronics Indonesia (LG) mengeluarkan pernyataan kesiapan perusahaan dalam memperkenalkan lini TV terbarunya di tahun ini....

SIG Bukukan Laba Rp450,36 Miliar

*Kuartal I Tahun 2021 JAKARTA– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Kuartal I tahun 2021 mencatatkan laba yang dapat diatribusikan...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda