Ekonomi BisnisTes CPNS Dorong Peningkatan Okupansi Hotel di Semarang

Tes CPNS Dorong Peningkatan Okupansi Hotel di Semarang

-

- Advertisment -spot_img

Istimewa.

SEMARANG – Pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang digelar di Kota Semarang, Jawa Tengah membawa angin segar bagi bisnis hotel di awal tahun ini.

Pelaksanaan tes yang digelar dari Sabtu (1/2/20) hingga Sabtu (15/2/20) itu membuat para peserta yang datang dari luar kota memilih memanfaatkan hotel sebagai tempat menginap.

Adapun tes SKD CPNS yang digelar di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) itu diikuti 32 ribu peserta dari enam kota/kabupaten di Jateng, seperti Kabupaten Kabupaten Batang, Pekalongan, Brebes, Wonosobo, Kota Pekalongan dan Kota Tegal.

Marcomm & Public Relations Hotel Dafam Semarang, Ari Gunarso mengatakan, tes CPNS yang digelar di Semarang membuat tingkat keterisian hotel cukup lumayan.

Menurutnya, selain ada yang datang langsung, pemesanan kamar hotel juga banyak yang booking online.

“Limpahan okupansinya cukup besar, ada sekitar 15 kamar yang dipesan peserta tes CPNS,” katanya, Kamis (6/1/20).

Dia pun memprediksi, adanya tes tersebut akan membuat okupansi hotel hingga pertengan bulan nanti tetap stabil. Ia menyebut okupansi saat ini mencapai 80 persen sejak adanya tes CPNS.

“Okupansinya 80 persen lebih, bahkan kalau week end bisa lebih besar,” tuturnya.

Dafam Hotel Semarang sendiri, lanjut dia, memberikan promo khusus kepada peserta tes CPNS, yakni dengan memberikan harga kamar Rp 460 ribu permalam termasuk dengan makan siang.

“Ada promo khusus juga yang kita kerjasamakan dengan Udinus bagi peserta,” pungkasnya.

Meningkatnya okupansi, juga dirasakan di Hotel Citra Dream Semarang. Okupansi pada hari Minggu ke hari Senin, yang biasanya hanya 40 kamar dari total 112 kamar, pada Senin (3/2) ini okupansinya mencapai 90  kamar dari total ketersediaan kamar.

“Kenaikannya karena peserta CPNS yang menginap, kebanyakan yang mendapatkan jadwal tes pagi,” kata Sale Executive Hotel Citra Dream Semarang, Vincentia Litha.

Untuk rata-rata okupansi sejak tes CPNS dilakukan, mencapai 79 persen sampai 85 persen. Hotel yang letaknya juga tak jauh dari kampus Udinus ini sendiri menjadi pilihan peserta tes karena termasuk hotel budget dengan harga yang murah. (ZP/07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

SIG Bukukan Kenaikan Laba 29,7%

JAKARTA- PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) pada semester 1 tahun 2021 berhasil membukukan laba yang dapat diatribusikan kepada...

Sambut HUT RI, KAI Hadirkan Livery Khusus

SEMARANG- PT Kereta Api Indonesia (Persero) memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021 dengan memasang...

BULOG Jateng Pastikan Beras PPKM Tepat Kualitas

SEMARANG- Perum BULOG Kanwil Jawa Tengah memastikan, beras yang digunakan untuk 'Program Bantuan Beras PPKM' memiliki kualitas dan kuantitas...

Bayar Listrik di Awal Bulan Lebih Nyaman dengan Aplikasi PLN Mobile

JAKARTA – Listrik memudahkan hidup orang di kehidupan modern ini. Namun jangan lupa membayar biaya listrik sesuai penggunaan agar...
- Advertisement -spot_imgspot_img

FASTLab Semarang Buka di UTC Convention Hotel

SEMARANG - Menjaga daya tahan tubuh dengan mengatur pola makan, istirahat yang cukup serta olahraga teratur menjadi hal yang...

SNI untuk Jamin Kualitas Mutu Madu

JAKARTA - Pandemi Covid-19 masih terus melanda dunia termasuk Indonesia. Memperkuat dan meningkatkan imunitas tubuh merupakan salah satu cara...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda