UmumPendidikanUdinus Manfaatkan Disrupsi Digital dengan Kuliah Daring Bersama ITS

Udinus Manfaatkan Disrupsi Digital dengan Kuliah Daring Bersama ITS

-

- Advertisment -spot_img

Pengarahan kuliah daring bagi mahasiswa Udinus, Kamis (5/3/20).

SEMARANG – Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) terus kembangkan kualitas pendidikan dengan memanfaatkan era digital. Program Studi (Progdi) Sistem Informasi (SI) Udinus besama perguruan tinggi mitra Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengadakan pengarahan kuliah daring bagi mahasiswa pada Kamis (5/3/20).

Acara tersebut mendatangkan teknisi kuliah daring sekaligus dosen dari ITS, yaitu Ir. Achmad Holil Noor Ali, M.Kom. Selain itu juga dihadiri oleh Wakil Dekan Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Heru Agus Santoso Ph.D dan Ketua Progdi SI Sri Winarno, Ph.D.

Ir. Achmad Holil Noor Ali, M.Kom. menjelaskan kuliah daring merupakan sebuah platform belajar mahasiswa yang berbasis internet, sehingga mahasiswa mampu membaca buku dan jurnal secara online dengan bebas.

“Di dalam kuliah daring ini mahasiswa dengan bebas membaca buku apa saja secara online, sesuai dengan yang disediakan oleh dosen disana. Selain itu dosen juga bisa memantau aktivitas apa saja yang dilakukan oleh mahasiswa di kuliah daring ini, sehingga dosen dan mahasiswa mampu meningkatkan proses belajar yang lebih efisien,” jelas Achmad.

Sementara itu, Sri Winarno, Ph.D mengatakan kuliah daring merupakan respon dari Udinus untuk peningkatan pendidikan menggunakan platform digital.

“Setelah adanya pernyataan Merdeka Belajar, dimana mahasiswa dibebaskan untuk memilih mata kuliahnya sendiri. Kami ingin mengembangkan hal itu dengan memanfaatkan teknologi digital saat ini. Sehingga kami bersama mitra perguruan tinggi mengadakan kuliah daring yaitu kuliah berbasis online agar proses belajar mahasiswa lebih menyenangkan,” ujar Sri.

Selain memanfaatkan platform digital untuk meningkatkan mutu pendidikan, kuliah daring juga memanfaatkan gaya milenial dalam memperoleh informasi seperti pembuatan video untuk pemenuhan tugas.

“Kami menyesuaikan cara belajar milenial, melalui gadget yang mereka gunakan. Mereka diharuskan membuat kreativitas mereka sendiri saat mengerjakan tugas. Dengan kuliah daring, dosen bisa meningkatkan budaya membaca karena mahasiswa diharuskan untuk membaca buku,” lanjut Sri.

Terdapat 60 mahasiswa progdi SI yang akan mengikuti kuliah daring bersama ITS, dimana mahasiswa tidak perlu memasuki ruangan kelas. Mereka hanya diwajibkan online ketika perkuliahan berlangsung, sehingga memudahkan mereka dalam belajar. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Ramadan Kareem ala Patra Semarang

SEMARANG -  Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinanti oleh umat muslim, salah satu momen yang paling dinanti setelah seharian...

JNE Berikan Promo Berlimpah di Bulan Ramadhan 2021

SEMARANG – Bulan Ramadhan telah tiba, seluruh masyarakat menyambut antusias dengan tradisi untuk saling berbagi kepada keluarga dan kerabat....

3Second Buka Gerai Baru di Kota Semarang dengan Konsep Family Store

SEMARANG - 3Second kembali melebarkan sayap dengan membuka Store terbarunya berkonsep Family Store di Kota Semarang, Jawa Tengah. 3Second Family Store yang berada di...

LG Borong 31 Red Dot Award

JAKARTA- Tak hanya dari inovasi, kepiawaian LG dalam meramu produk elektroniknya juga menyentuh hingga penciptaan desain yang mengesankan. Sebagai...
- Advertisement -spot_imgspot_img

CIMB Niaga Perkuat Kapabilitas OCTO Mobile Jadi Super App

JAKARTA- Seiring meningkatnya aspirasi nasabah terhadap layanan finansial berbasis digital, perbankan terus berinovasi meningkatkan kapabilitas platform digitalnya, sehingga dapat...

PGN Siapkan Pasokan dan Infrastruktur Gas Bumi di Jawa Tengah

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk dan PT Jateng Petro Energi (Perseroda) (JPEN) telah melakukan penandatanganan Memorandum of...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda