PolitikPilkada 2020Warga Samin Kudus Temui Ganjar, Apa yang Disampaikan?

Warga Samin Kudus Temui Ganjar, Apa yang Disampaikan?

-

- Advertisment -spot_img

 

Komunitas Sedulur Sikep atau Samin dari Kudus saat menemui Cagub Jateng Ganjar Pranowo di kediamannya, Minggu (25/2/2018)

SEMARANG – Calon Gubernur Jateng Ganjar Pranowo didatangi lima belas warga komunitas Sedulur Sikep atau dikenal Samin dari Kudus di Jalan Tengger Timur Raya No 1, Gajahmungkur, Kota Semarang, Minggu (25/2) .
Dengan terbuka, mereka menyampaikan hal yang selama ini mengganjal di hatinya kepada Ganjar Pranowo. Mereka mengaku prihatin atas opini yang berkembang di masyarakat bahwa warga Samin memusuhi Ganjar karena pabrik semen Rembang.

Tokoh Sikep Kudus Budi Santoso mengatakan, bahwa hal bukanlan berita benat. Karena fakta di masyarakat Samin tidak seperti yang ada di media. Opini itu terbentuk karena ada oknum warga Samin yang terus-terusan mendemo Ganjar untuk menolak pabrik semen di Rembang.

“Ya memang ada yang seperti itu, tapi hanya oknum saja. Kami sedulur Sikep di Kudus juga Blora dan lain-lain tidak seperti itu,” katanya.

Warga Samin, kata dia, sejak dulu mendukung pemerintah, leluhur Samin Surosentiko melawan penjajah juga karena mendukung pemerintah Republik Indonesia.

“Justru sebagian besar masyarakat Samin menyukai kepemimpinan Ganjar Pranowo. Sejak dulu mau nyalon gubernur, kami sudah mendukung karena beliau (Ganjar) orangnya dekat dengan rakyat dan mendengarkan kami, sering mengunjungi Sikep, maka kali ini pun kami ke sini menyampaikan dukungan,” katanya.

Terkait pabrik semen, menurut Budi, tidak ada sangkut pautnya dengan warga. Ia menyampaikan secara umum leluhur Sikep memang mengajarkan anak cucunya untuk peduli terhadap kelestarian alam.

Namun bukan berarti tidak boleh memberdayakan alam. “Saya beri contoh, membuat sumur itu kan melubangi tanah dan mengambil apa yang ada di dalamnya. Apakah itu merusak alam? Sepanjang untuk kesejahteraan warga sekitar, ajaran kami memperbolehkan,” katanya.

Sedulur Sikep juga tidak pernah diajarkan untuk demo apalagi mengumbar kata-kata hujatan kepada siapapun, baik pemimpin maupun sesama warga lain. “Maka jelas salah kalau ada demo-demo itu, kami tidak pernah diajarkan demo. Kalau tidak setuju atau beda pendapat ya datang dan bicarakan baik-baik, kita tidak boleh dengki srei, kemiren dan ngurusi hak liyan,” jelasnya.

Silaturahmi yang hangat dan santai itu ditutup dengan makan bersama di bagian dalam rumah.

Sebelum melepas tamunya pulang, Ganjar berpesan untuk warga Sikep selalu menjaga kerukunan.

“Kemarin saya di-SMS dari Sedulur Sikep mau ke sini, saya persilahkan saja dan hari ini bertemu. Saya akan agendakan membalas kunjungan ini ke Kudus. Kalau ke Blora di Klopoduwur saya sudah ke sana dan berbincang banyak, rupanya banyak hal yang berbeda dari realitas media dan saya terimakasih ini disampaikan,” katanya. (zp/03)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

DPD MKGR Jawa Tengah Dukung Airlangga Hartarto Jadi Presiden

SEMARANG - Pelantikan Pengurus DPD Ormas MKGR Jawa Tengah digelar di Ballroom Hotel Santika Kota Semarang, Sabtu (27/11/2021). Sebelumnya, Musda...

SGM Eksplor Apresiasi Guru Bersama Alfamart

JAKARTA - Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia melalui merek susu pertumbuhan SGM Eksplor bekerja sama dengan PT Sumber Alfaria...

Ada Pameran SAUTO Expo di Mal Ciputra Semarang, Deretan Mobil Baru Turut Dihadirkan

SEMARANG - Deretan mobil terbaru bakal dipamerkan dalam SAUTO Expo di atrium Mal Ciputra Semarang pada 26 November hingga...

200 Pedagang Pasar Kaliwungu Kendal Gunakan Transaksi Digital QRIS

KENDAL - Sebanyak 200 pedangang di Pasar Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah sudah menggunakan transaksi digital dengan Quick Response...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Jangkau Publik Lebih Besar Mengenal Solusi HVAC, LG Perkenalkan Showroom Virtual

JAKARTA— Memanfaatkan terapan teknologi digital, LG Electronics (LG) memperkenalkan sebuah ruang pamer online yang dibuat khusus bagi produk solusi...

PLN UP3 Purwokerto Sinergi Terangi Negeri

PURWOKERTO - PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Purwokerto, melaksanakan Multi Stakeholder Forum (MSF) Tahun 2021 Kamis...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda