UmumWujudkan 5323 Desa Berdaya, Rumah Zakat Jalin Kerjasama dengan...

Wujudkan 5323 Desa Berdaya, Rumah Zakat Jalin Kerjasama dengan Pemerintah Jawa Tengah

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG- Sebagai langkah mewujudkan program 5323 desa berdaya di tahun 2023, Rumah Zakat ikut mendorong percepatan program nasional tersebut dengan menjalin kerjasama bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan BAPPEDA Jawa Tengah.

Direktur Desa Berdaya, Muhammad Noor Yahya mengatakan, kerjasama tersebut menjadi wujud komitmen Rumah Zakat mendukung program pemerintah yang tengah berkonsentrasi melakukan pembangunan desa tertinggal dan desa berkembang untuk akhirnya menjadi desa mandiri.

“Kami sebagai lembaga yang juga memiliki program Desa Berdaya yang didanai oleh Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS), berupaya untuk memberikan kontribusi dalam rangkaian pembangunan desa yang sedang dilakukan pemerintah. Harapannya dengan kolaborasi ini, kita dapat semakin cepat mewujudkan pembangunan desa,” kata Muhammad Noor Yahya, Selasa (10/4).

Dijelaskan, desa berdaya merupakan program pemberdayaan desa, melalui pendekatan terintegrasi yaitu program capacity building (pembinaan masyarakat), ekonomi, pendidikan, kesehatan, lingkungan hingga kesiap-siagaan bencana, dengan target tumbuh dan berkembangnya kelembagaan lokal yang berdaya untuk mengatasi permasalahannya sendiri serta berkolaborasi dengan pihak lain terutama pemerintah desa.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa Jawa Tengah, Arif Boedidanto mengungkapkan, program yang dilakukan Rumah Zakat sangat baik dan menjadi sinergitas besama pemerintah dalam mengurangi kemiskinan dan meningkatkan jumlah masyarakat sejahtera.

“Kita sangat sinergi, ini selaras dengan program pemerintah membangun desa dengan mengurangi kemiskinan, dan memajukan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Branch Manager Rumah Zakat Semarang, Alamsyah Nuruzzaman menambahkan, setiap desa punya keunikan potensi dan sumber dayanya masing-masing, sehingga diharapkan para pemuda yang menjadi Relawan Inspirasi Desa Berdaya, bisa menjadi pelopor di desanya agar bisa saling berbagi dan berkolaborasi untuk memberdayakan desanya.

“Diharapkan pemuda bisa menjadi penghubung antara komunitas desa dengan pemerintah lokal dan nasional, diantaranya melalui event Desa Berdaya Sharing Session hari ini,” papar Alamsyah.

Sementara, bersamaan dengan kegiatan kerjasama tersebut, Rumah Zakat juga tengah memberikan training kepada 200 Relawan Inspirasi, mulai hari ini hingga 12 April 2018 mendatang di Hotel Muria, Jalan Dokter Cipto Semarang. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

XL Axiata dan Vision+ Luncurkan Paket Bundling

JAKARTA- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus memperkuat bisnis layanan Over The Top (OTT) dan layanan hiburan, seiring...

PLN Gelar PLN Mobile Virtual Charity Run and Ride

JAKARTA– PLN kembali menggelar kegiatan virtual charity run and ride pada 16 Oktober s.d. 7 November 2021. Virtual Charity...

Ajak Masyarakat Bijak Gunakan BBM, Pertamina Dorong Solar Subsidi Tepat Sasaran

SEMARANG – Sebagai badan usaha yang menerima penugasan dari pemerintah dalam menyalurkan bahan bakar minyak (BBM) subsidi, dalam hal...

Hotel Santika Pekalongan Gratiskan Ambil Kopi dan Teh Setiap Hari

PEKALONGAN - Hotel Santika Pekalongan merupakan salah satu hotel bintang 3 yang terletak di Kota Pekalongan. Memiliki letak yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Menjadi Programmer Sukses Masa Kini

JEPARA - Market Corner Goes To School yang merupakan kegiatan kolaborasi antara Up Radio dan Gmedia yang  pada bulan...

Ini Daftar Kompor Tanam Artugo Spesifikasi Lengkap dengan Harga Ekonomis

SEMARANG - PT Kreasi Arduo Indonesia (Artugo) meluncurkan berbagai jenis kompor tanam dengan spesifikasi lengkap, namun dengan harga yang...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda