UmumTransportasiMau Mudik? Masih Ada Tambahan Tiket Kereta 8.896 Kursi

Mau Mudik? Masih Ada Tambahan Tiket Kereta 8.896 Kursi

-

- Advertisment -spot_img

FOTO- Ilustrasi/inet

SEMARANG- Sebagai upaya menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 H yang diperkirakan akan jatuh pada tanggal 15 – 16 Juni 2018. PT KAI Daop 4 Semarang melakukan penambahan 7 kereta api untuk mudik 2018 dengan total kapasitas 8.896 seat/hari.

Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto mengatakan, Pada masa angkutan lebaran ini, jumlah perjalanan kereta api yang beroperasi di wilayah PT KAI Daop 4 Semarang berjumlah 65 Perjalanan KA dengan kapasitas tempat duduk 42.210 Seat.

Jumlah perjalanan tersebut terdiri : 13 KA regular (8.170 tempat duduk) dan 3 KA tambahan (2.620 tempat duduk) yang merupakan pemberangkatan awal dari wilayah Daop 4 Semarang, 16 perjalanan KA Lokal (8.776 tempat duduk), serta 29 KA reguler (16.368 tempat duduk) dan 4 KA tambahan (6.276 tempat duduk) yang melintas di wilayah PT KAI Daop 4 Semarang.

“Jadi total untuk KA tambahan di wilayah PT KAI Daop 4 selama masa angkutan Lebaran 2018 berjumlah 7 KA tambahan (3 KA pemberangkatan awal dari Daop 4 Semarang dan 4 KA yang melintas) dengan total tempat duduk tambahan berjumlah 8.896 seat / hari,” kata Suprapto, Rabu (14/4).

Dijelaskan, Arus mudik sendiri diperkirakan akan mengalami puncaknya pada Rabu, 13 Juni 2018 (H1-2) dan puncak arus baliknya diperkirakan akan terjadi pada Minggu, 17 Juni 2018 (H2+1). 7 KA tambahan tersebut akan beroperasi pada tanggal 4 Juni s/d 26 Juni 2018 dan pemesanan tiketnya dapat dilakukan mulai H-60.

Adapun daftar 7 Kereta Api tambahan yang pemberangkatan awal maupun yang melintas di wilayah PT KAI Daop 4 Semarang diantaranya :

1. Argo Sindoro Lebaran, relasi Semarang Tawang – Gambir, kapasitas 800
2. Argo Muria Lebaran, relasi Semarang Tawang – Gambir, kapasitas 700
3. Tawang Jaya Premium Lebaran, relasi Semarang Tawang – Pasar Senen, kapasitas 1.120
4. Sembrani Lebaran, relasi Gambir – Surabaya Pasar Turi, kapasitas 900
5. Matarmaja Lebaran, relasi Pasarsenen – Malang, kapasitas 1.792
6. Kertajaya Lebaran, relasi Pasarsenen – Surabaya Pasar Turi, kapasitas 1.792
7. Brantas Lebaran Pasarsenen – Blitar, kapasitas 1.792

Suprapto menambahkan, KAI melayani pemesanan tiket 24 jam melalui aplikasi KAI Access, Website kai.id, Contact Center 121, gerai minimarket (Indomaret dan Alfamart), jaringan PPOB, Website dan mobile apps yang dikelola oleh mitra yang telah bekerja sama dengan KAI. Di samping itu, loket reservasi stasiun melayani pemesanan mulai pukul 09:00 WIB s/d pukul 16:00 WIB. Sedangkan, jika anda memesan tiket melalui E-Kiosk (vending machine) di stasiun, proses pemesanan dimulai pukul 05:00 WIB s/d pukul 22:00 WIB.

Sebagai informasi, lanjut Suprapto, pemesanan tiket melalui KAI Accses banyak sekali keuntungannya. Salah satunya adalah adanya fasilitas yang tidak dimiliki pada channel lain, yakni E-boarding pass. E-boarding pass merupakan boarding pass elektronik yang ditertibkan melalui aplikasi KAI Access versi terbaru. Dengan adanya e-boarding pass, para pengguna KA cukup menunjukkan e-boarding pass pada layar smartphone mereka kepada petugas boarding, tanpa harus mencetak di mesin cetak boarding pass CIC (Check In Counter).

Pada masa angkutan Lebaran tahun 2018 ini, KAI memperbesar kapasitas bandwidth dari 150 MB menjadi 400 MB untuk kelancaran akses pemesanan tiket. Selain itu, KAI juga memperkuat sistem keamanan dengan meng-upgrade sistem firewall untuk meminimalisasi resiko adanya gangguan sistem IT serta mengotimalkan server – server penjualan tiket KA.

“Kami menghimbau kepada masyarakat yang ingin memesan tiket kereta api, agar pemesanannya bisa dilakukan melalui fasilitas layanan eksternal channel seperti Website resmi KAI, CC 121, aplikasi online tiket seperti kai access, mini market : Indomaret dan Alfamart, serta lainnya. Karena pemesan melalui eksternal channel tersebut sangat praktis dan tidak membutuhkan waktu cukup banyak, dibandingkan apabila memesan tiket di loket stasiun,” terangnya.

Saat ini penggunaan pemesanan tiket melalui fasilitas eksternal channel di wilayah PT KAI Daop 4 Semarang sudah mencapai prosentasi 60 % dari transasaksi pemesanan tiket di tahun 2017 yang lalu.

Sementara sejalan dengan kebijakan PT KAI yang telah memberlakukan sistem pemesanan tiket KA mulai 90 hari sebelum keberangkatan (H – 90), tentunya masyarakat pada tanggal 14 Maret 2018 ini, sudah bisa memesan tiket sampai untuk keberangkatan kereta api pada tanggal 12 Juni 2018 (H1 – 3 / 3 hari sebelum Hari Lebaran). (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

ARTUGO Luncurkan Peranti Dapur Dengan Spesifikasi Istimewa

*Dukung Wirausaha Pemula TANGERANG- Diujung semester pertama tahun 2021, ARTUGO kembali meluncurkan sederet peranti dapur terbarunya. Tak tanggung – tanggung,...

Pertamina Berbagi Berkah Bulan Ramadhan

*Bantu Sarana Prasarana Panti Asuhan di Jateng-DIY SEMARANG– Sebagai bentuk tanggung jawab sosial, Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah menjalankan program...

Lebaran di Pekalongan Aja Menginap di Hotel Santika Pekalongan

PEKALONGAN - Lebaran Sebentar lagi. Hari yang di identikan dengan kemenangan umat muslim di seluruh dunia yang selalu di...

Pertamina Siagakan Agen dan Pangkalan LPG

*Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H SEMARANG– Menyambut Idul Fitri 1442 H, Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah menetapkan...
- Advertisement -spot_imgspot_img

PLN Berikan Bantuan Listrik Gratis di Jawa Tengah

SEMARANG - PLN memberikan bantuan penyambungan listrik gratis kepada masyarakat kurang mampu yang berada di wilayah Jawa Tengah. Bantuan...

Pakai Smartfren di Realme C21 Ada Bonus Kuota 384 GB Hingga Hadiah Smart TV

JAKARTA - Smartfren kembali menghadirkan paket bundling terbaik untuk seluruh masyarakat Indonesia. Kali ini pelanggan yang membeli smartphone Realme...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda