UmumTransportasiInterkoneksi Transportasi Umum Bandara Ahmad Yani Semarang Segera Dibangun

Interkoneksi Transportasi Umum Bandara Ahmad Yani Semarang Segera Dibangun

-

- Advertisment -spot_img

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah, Satriyo Hidayat, dalam acara “Konektifitas Moda Angkutan Lanjutan di Bandara Ahmad Yani Semarang, yang digelar di Hotel Dafam, Jumat (11/5).

SEMARANG- Mengingat akan segera dioperasikannya terminal baru Bandara Ahmad Yani Semarang pada 1 Juni 2018 mendatang, interkoneksi Transportasi Umum bandara akan segera dibangun guna melayani kebutuhan konsumen.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah, Satriyo Hidayat mengatakan, penumpang di Bandara Ahmad Yani yang mencapai 6 juta orang harus segera diantisipasi secepat mungkin agar tidak terjadi penumpukan parkir.

“6 juta enggak mungkin satu orang satu mobil, harus dibikin interkoneksi yang arahnya ke angkutan masal, ini harus dibicarakan dengan angkasapura,” kata Satriyo Hidayat, dalam acara “Konektifitas Moda Angkutan Lanjutan di Bandara Ahmad Yani Semarang, yang digelar di Hotel Dafam, Jumat (11/5).

Dijelaskan, ruang opsional yang ada saat ini terbatas dan hanya tersedia satu ruang yang digunakan untuk selter BRT Trans Semarang.

“Untuk tahun 2018 akhir akan dicarikan ruang, dan nanti ada pilihan dari masyarakat, termasuk taksi juga harus ada pilihan, sehingga nanti penumpang ada banyak pilihan,” ucapnya.

Ia melanjutkan, saat ini para TKI yang pulang dari luar negeri terpaksa menelepon rumah agar dijemput dan pada akhirnya mereka dijemput dengan membawa dua hingga tiga mobil, sehingga hal itu menunjukkan pelayanan di bandara belum beres.

“Harapan kami penumpang itu dimuliakan. Dan kalau di tata tidak jadi ribet, tidak jadi kumuh, dan ini hal yang harus disepakati, tapi dibicarakan dulu,” lanjutnya.

Ia menambahkan, saat ini para penumpang yang datang banyak ke arah Salatiga, Kudus Pati dan Grobokan. Sedangkan arah barat cenderung penumpang yang ingin naik pesawat mereka biasa naik BRT menuju bandara.

“Penumpang kereta memang banyak, kita harap ada sub stasiun di Amad Yani, jadi kalau mau berangkat dari Stasiun Tawang memang sesuatu waktu yang tidak diprediksi, tapi kalau pulang terlambat dua jam tidak apa-apa,” ujarnya.

Dikatakan, dalam interkoneksi ini, layanan transportasi perkotaan diharapkan akan ada yang masuk ke bandara, apakah nanti Trans Jateng atau Trans Semarang.

Sedangkan, untuk moda transportasi taksi, kata dia telah diberikan peringatan ketika nanti pindah ke depan maka harus pakai sistem argo.

“Pilihannya ada dua tetap pakai cara sewa atau taksi. Bukan saya yang putuskan tapi pengelola taksi itu sendiri. Dan kalau mau pakai sewa izinnya kita ubah jadi angkutan sewa, tapi kalau taksi ya pakai argo,” tegasnya.

Ia menjelaskan, dalam interkoneksi transportasi yang akan dibangun lebih mengutamakan pada transportasi yang telah berbadan hukum.

“Yang akan kita sampaikan angkutan yang berbadan hukum boleh, online belum, yang tidak punya badan hukum no whay,” pungkasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

ARTUGO Luncurkan Peranti Dapur Dengan Spesifikasi Istimewa

*Dukung Wirausaha Pemula TANGERANG- Diujung semester pertama tahun 2021, ARTUGO kembali meluncurkan sederet peranti dapur terbarunya. Tak tanggung – tanggung,...

Pertamina Berbagi Berkah Bulan Ramadhan

*Bantu Sarana Prasarana Panti Asuhan di Jateng-DIY SEMARANG– Sebagai bentuk tanggung jawab sosial, Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah menjalankan program...

Lebaran di Pekalongan Aja Menginap di Hotel Santika Pekalongan

PEKALONGAN - Lebaran Sebentar lagi. Hari yang di identikan dengan kemenangan umat muslim di seluruh dunia yang selalu di...

Pertamina Siagakan Agen dan Pangkalan LPG

*Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H SEMARANG– Menyambut Idul Fitri 1442 H, Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah menetapkan...
- Advertisement -spot_imgspot_img

PLN Berikan Bantuan Listrik Gratis di Jawa Tengah

SEMARANG - PLN memberikan bantuan penyambungan listrik gratis kepada masyarakat kurang mampu yang berada di wilayah Jawa Tengah. Bantuan...

Pakai Smartfren di Realme C21 Ada Bonus Kuota 384 GB Hingga Hadiah Smart TV

JAKARTA - Smartfren kembali menghadirkan paket bundling terbaik untuk seluruh masyarakat Indonesia. Kali ini pelanggan yang membeli smartphone Realme...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda