Atasai Permasalahan Sampah dengan Pelatihan Ecobricks

BANJARMASIN– Rumah Zakat mengadakan pelatihan pembuatan Ecobricks di Desa Berdaya Sungai Miai Banjarmasin pada Senin (30/7). Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengatasi permasalahan sampah dan menjadikannya memiliki nilai jual.

“Dengan adanya pelatihan Ecobricks ini diharapkan warga aktif berkolaborasi menjaga kelestarian lingkungan. Selain itu juga bisa melatih dirinya untuk bisa berinovasi, terutama dalam hal pemanfaatan sampah menjadi barang yang bernilai jual tinggi,” ujar Rasyid, Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat.

Ecobricks adalah bata ramah lingkungan yang terbuat dari bahan sampah plastik yang tidak bisa terurai. Hasil dari kerajinan tersebut nantinya dapat digunakan sebagai meja belajar, kursi, bahkan taman bermain.

“Membuat kerajinan Ecobriks ini ternyata mudah, siapapun bisa melakukannya, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Kegiatan ini cocok sekali untuk lansia agar tetap aktif bergerak,” ungkap Dayah, salah satu peserta.

Sedangkan menurut Mila, salah satu tokoh masyarakat setempat, dengan adanya pelatihan tersebut diharapkan ke depannya Sungai Miai bisa menjadi daerah destinasi wisata ecobricks. Di samping itu juga bisa meningkatkan ekonomi warga setempat. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here