Atasi Trauma, Rumah Zakat Kirim Tim Psikososial untuk Anak-anak

PALU- Menghilangkan trauma akibat gempa dan tsunami yang menerjang Palu, Rumah Zakat mengirimkan tim psikososial khusus untuk anak-anak. Kegiatan trauma healing digelar di Mts Nurul Hasanah, tepatnya di Kelurahan Pengawu, Kecamatan Tatanga.

“Dalam dunia psikologi, trauma healing sangat penting untuk perkembangan anak ke depannya. Bagi anak yang memiliki kognitif belum matang, hal tersebut sangat penting, karena apabila trauma berkelanjutan akan menimbulkan phobia,” jelas Maya, salah satu tim psikososial Rumah Zakat, Selasa (16/10).

Diantara banyaknya anak yang menjadi korban bencana, ada salah satu anak yang bernama Yuni, ia terlihat paling ceria dibandingkan dengan yang lainnya. Menurut Maya, setelah melakukan konseling, ternyata Yuni memiliki trauma yang lebih berat.

“Meskipun terlihat ceria, tapi setelah dilakukan tes ternyata goncangan psikososial Yuni jauh lebih sensistif. Tapi, dalam ilmu psikologi trauma yang dialami Yuni masih tergolong wajar, karena masih dalam rentang waktu kurang dari satu bulan pasca gempa dan tsunami yang terjadi di kotanya,” kata Maya.

Dengan adanya tim psikososial tersebut, diharapkan bisa membantu anak-anak kembali kepada kondisi semula. Tidak merasa trauma dan takut terhadap kejadian yang sudah dialaminya, sehingga tidak menghambat perumbuhan mereka di masa depan. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here