Pemerataan Bantuan Logistik Bagi Korban Likuifaksi di Petobo

PALU- Untuk melakukan pemerataan bantuan logistik, Rumah Zakat menelusuri kawasan pengungsian korban likuifaksi warga Petobo pada Rabu (17/10). Rumah Zakat menyalurkan bantuan logisitik berupa air mineral, roti, susu UHT, dan selimut kepada 11 KK yang terdiri dari 42 jiwa di Kelurahan Petobo, Kecamatan Palu Selatan.

Likuifaksi tanah adalah fenomena yang terjadi ketika tanah kehilangan kekuatan dan kekakuan akibat adanya tegangan. Salah satunya tegangan akibat getaran gempa bumi, sehingga tanah yang padat dapat berubah wujud menjadi cairan atau air berat.

“Saat itu, tanah belakang rumah naik tinggi seperti ombak yang mau menerjang, saya dan yang lain berhamburan menyelamatkan diri. Alhamdulillah saya selamat, tapi banyak juga tetangga dan teman-teman lainnya yang menjadi korban,” ungkap Afida, salah satu warga.

Bencana likuifaksi di Petobo telah merenggut keluarga dan harta benda warga dalam waktu sekejap. Kini, warga Petobo tinggal di pengungsian dengan kondisi seadanya dan masih bergantung pada bantuan.

“Agar proses penyaluran bantuan merata, kami menelusuri camp-camp kecil pengungsian untuk mendistribusikan sejumlah bantuan. Tersebarnya lokasi titik pengungsian yang cukup banyak menjadi tantangan tersendiri bagi kami sebagai relawan untuk mendistribusikan bantuan secara merata,” kata Relawan Rumah Zakat. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here