Bank BTN Semarang Siap Distribusikan 800 Kartu ATM Berlogo GPN di Pekan GPN

Kepala Kantor Perwakilan (Kpw) BI Jateng Hamid Ponco Wibowo menunjukkan kartu ATM yang sudah berlogo GPN di Kantor BI Jateng, Kamis (16/8).

SEMARANG- Bank Indonesia Jawa Tengah dan perbankan akan menggelar kampanye Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) dengan menyelenggarakan kegiatan pekan penukaran kartu berlogo GPN yang dimulai pada Minggu (19/8) dalam kegiatan car free day di Jalan Pahlawan Semarang.

Bank Tabungan Negara (BTN) sebagai salah satu perbankan yang ikut dalam kegiatan tersebut, siap mendistribusikan sebanyak 800 kartu berlogo GPN.

“Kami sudah siapkan 800 kartu ATM berlogo GPN selama satu minggu ini,” kata Branch Manager Bank BTN Semarang, Erianto Hasibuan, Kamis (16/8).

Erianto mengatakan, masyarakat tidak hanya bisa menukarkan kartu ATM-nya dalam kegiatan pekan GPN saja, namun bisa langsung menukuarkan di 23 kantor cabang BTN.

“Ada 23 outlet di Semarang, di luar Semarang ada lagi. Dan bagi masyarakat yang di sekitar rumah ada Bank BTN bisa langsung ditukarkan,” ujarnya.

Sementara Kepala Kantor Perwakilan (Kpw) BI Jateng Hamid Ponco Wibowo mengatakan, pekan GPN diikuti sebanyak 11 perbankan, nasabah nantinya dapat menukarkan kartunya di booth yang sudah di sediakan masing-masing perbankan.

“Tanggal 19 Agustus 2018 besok, masyarakat bisa menukuarkan kartu debitnya dengan yang berlogo GPN. Nanti bisa tukarkan di booth masing-masing bank. BRI ya ke BRI, sesuai bank masing-masing,” ujarnya.

Ponco menjelaskan, dengan ATM berlogo GPN, keamanan data lebih terjaga karena transaksi pembayaran di luar negeri kini akan diproses di Indonesia sendiri.

Masyarakat juga dapat menikmati biaya administrasi yang lebih murah karena seluruh proses dilakukan di dalam negeri dan bank tidak dikenakan biaya lisensi logo.

“Selain menukuarkan kartunnya pada pekan GPN ini, masyarakat juga bisa menukuarkan kartu debitnya di kantor perbankan masing-masing hingga 1 Januari 2022. Nanti akan diganti kartu debitnya dengan yang berlogo GPN,” jelasnya.

GPN diluncurkan oleh Bank Indonesia pada bulan Juli lalu. Tujuannya adalah untuk meningkatkan interkoneksi dan operasi antarbank. GPN diharapkan dapat menjadikan sistem pembayaran lebih efisien, sederhana, murah, dan juga aman. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here