Ekonomi BisnisBCA Pacu Pengembangan Usaha Jamu di Jateng

BCA Pacu Pengembangan Usaha Jamu di Jateng

-

- Advertisment -spot_img

Executive Vice President Corporate Social Responsibility BCA, Inge Setiawati (kiri), Komisaris Independen BCA Cyrillus Harinowo, dan Ceo PT Deltomed Laboratories dalam kegiatan Seminar Economy Outlook 2019 bagi pengusaha dan industri terkait jamu di Hotel Gumaya Semarang, Kamis (28/2).

SEMARNG – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) senantiasa berupaya untuk mendukung pengembangan usaha di segmen UMKM sebagai salah satu sektor unggulan penopang ekonomi Indonesia. Kali ini, upaya BCA melalui Solusi Bisnis Unggul CSR BCA diwujudnyatakan melalui program Economy Outlook bagi 50 pengusaha jamu di Jawa Tengah dan petani Jahe Emprit Binaan BCA.

Hadir dalam acara economy outlook, Komisaris Independen BCA Cyrillus Harinowo, Kepala Kantor Wilayah 2 BCA Semarang Yandi Ramahdani, Executive Vice President Corporate Social Responsibility BCA Inge Setiawati dan CEO PT. Deltomed Laboratories Muljo Hardjo Rahardjo bersama pengusaha jamu dan petani Jahe Emprit Binaan BCA di Semarang, Kamis (28/02).

Executive Vice President Corporate Social Responsibility BCA, Inge Setiawati mengatakan, Economy Outlook kali ini memfasilitasi kegiatan pengembangan UMKM berbasis Jamu dan UMKM terkait dengan Jamu yang juga merupakan debitur Cabang di Wilayah 2, Semarang dengan cara mempertemukan petani Jahe Emprit Binaan BCA dengan para UMKM Jamu.

“Acara kali ini juga memfasilitasi Petani Jahe Emprit Binaan BCA untuk ikut menghadiri sekaligus melakukan pameran produk Jahe Emprit hasil panen para petani dengan harapan terjadi kolaborasi usaha antara pengusaha Jamu dan Industri terkait Jamu dengan para Petani Jahe Merah Binaan BCA,” ujar Inge.

Inge menjelaskan, BCA melalui Solusi Bisnis Unggul telah melakukan pembinaan para petani Jahe Emprit yang juga berperan sebagai debitur KUR BCA, yang saat ini tersebar di beberapa kota seperti, Pemalang, Jepara, Tegal dan Kudus.

Adapun pembinaan kepada petani jahe emprit itu, lanjutnya BCA mengandeng PT Azma Agro Nusantara. Di mana PT Azma Agro Nusantara juga berperan sebagai carateker penyaluran kredit KUR BCA kepada Petani Jahe Emprit melalui pelatihan pembibitan, pemupukan, hingga penanaman.

Ditambahkan, pada Agustus 2018 lalu, BCA melalui program Bakti BCA juga menyalurkan bantuan berupa pembinaan kepada kelompok petani NU dan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada kelompok Petani NU di daerah Pemalang dan Jepara.

Komisaris Independen BCA Cyrillus Harinowo saat memberikan paparan dalam kegiatan Seminar Economy Outlook 2019 bagi pengusaha dan industri terkait jamu di Hotel Gumaya Semarang, Kamis (28/2).

Sementara itu, Komisaris Independen BCA Cyrillus Harinowo mengemukakan, jamu merupakan obat tradisional Indonesia yang telah menjadi budaya masyarakat sejak jaman dahulu kala sebagai bagian dari upaya menjaga kesehatan dan menambah kebugaran.

“Di tengah munculnya obat-obat modern, obat tradisional keberadaanya sejatinya masih diperlukan dan cukup berpengaruh secara signifikan di beberapa kalangan. Oleh karena itu, BCA merasa perlu untuk turut melestarikan keberadaan pengusaha jamu yang tergabung dalam UMKM ini. Apalagi, revolusi industri 4.0 mendorong berbagai sektor untuk menyesuaikan perkembangan produksi dan manufakturnya, termasuk industri obat dan makanan,” urai Cyrillus. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

PLN UP2D Garap Pemeliharaan Kubikel GI Mranggen

SEMARANG- PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Jawa Tengah dan DIY, pada Minggu (21/11/2021) telah melaksanakan kegiatan pemeliharaan rutin...

BCA Hadirkan Bakti Sosial Operasi Katarak Bersama Perdami

PURWOKERTO, 27 November 2021 – Katarak menjadi salah satu penyebab kebutaan bagi indera penglihatan yang dapat diderita siapa saja....

DPD MKGR Jawa Tengah Dukung Airlangga Hartarto Jadi Presiden

SEMARANG - Pelantikan Pengurus DPD Ormas MKGR Jawa Tengah digelar di Ballroom Hotel Santika Kota Semarang, Sabtu (27/11/2021). Sebelumnya, Musda...

SGM Eksplor Apresiasi Guru Bersama Alfamart

JAKARTA - Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia melalui merek susu pertumbuhan SGM Eksplor bekerja sama dengan PT Sumber Alfaria...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Ada Pameran SAUTO Expo di Mal Ciputra Semarang, Deretan Mobil Baru Turut Dihadirkan

SEMARANG - Deretan mobil terbaru bakal dipamerkan dalam SAUTO Expo di atrium Mal Ciputra Semarang pada 26 November hingga...

200 Pedagang Pasar Kaliwungu Kendal Gunakan Transaksi Digital QRIS

KENDAL - Sebanyak 200 pedangang di Pasar Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah sudah menggunakan transaksi digital dengan Quick Response...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda