Ekonomi BisnisBPS Jateng Targetkan Partisipasi Sensus Penduduk Online Capai 25...

BPS Jateng Targetkan Partisipasi Sensus Penduduk Online Capai 25 Persen

-

- Advertisment -spot_img

Kepala BPS Provinsi Jawa Tengah, Sentot Bangun Widoyono (tengah) dan sejumlah narasumber dalam kegiatan talk show “Membangun Literasi Data Statistik di Era Digital” di Room Inc Hotel Semarang, Kamis (21/11/19).

SEMARANG – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Tengah akan menggelar sensus penduduk pada 2020 menggunakan sistem baru yakni secara online.

Sensus online yang rencananya dilaksanakan pada Februari – Maret 2020 ini ditargetkan dapat meraih jumlah partisipasi masyarakat hingga 25 persen.

Kepala BPS Provinsi Jawa Tengah, Sentot Bangun Widoyono mengatakan, sensus yang dilakukan 10 tahun sekali ini ditargetkan dapat meraih partisipasi 100 persen dari masyarakat. Sedangkan untuk sensus dengan metode online dapat mencapai 25 persen.

Menurutnya, target 25 persen tersebut realistis mengingat tingkat literasi digital masyarakat yang berbeda-beda di masing-masing wilayah.

“Target partisipasi sensus online kita sekitar 25 persen. Itu realistis karena penduduk kita 35 juta, karena belum tentu mau, tahu dan bisa,” kata Sentot, Kamis (21/11/19).

Dia menjelaskan, sensus penduduk kali ini untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat agar melakukan update data mereka.

Data-data yang sudah terkumpul tersebut, lanjutnya akan dipadukan dengan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) sehingga didapatkan single data.

“Update data penduduk yang akan kami data adalah di posisi Juli 2019. Kalau sebelumnya pernah melakukan update data di Disdukcapil dan belum sama dengan online itu akan tetap kita akomodir,” ujarnya.

Disebutnya, saat ini BPS Jateng terus melakukan berbagai persiapan untuk memastikan sensus tersebut berjalan sesuai target. Nantinya, sebanyak 60 ribu petugas sensus akan disebar ke seluruh wilayah Kabupaten/Kota di Jateng.

“Kami akan menggelar rapat kordinasi di tingkat kecamatan dengan kepala desa dan lurah untuk mensosialisasikan adanya sensus online ini,” pungkasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

SIG Bukukan Kenaikan Laba 29,7%

JAKARTA- PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) pada semester 1 tahun 2021 berhasil membukukan laba yang dapat diatribusikan kepada...

Sambut HUT RI, KAI Hadirkan Livery Khusus

SEMARANG- PT Kereta Api Indonesia (Persero) memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021 dengan memasang...

BULOG Jateng Pastikan Beras PPKM Tepat Kualitas

SEMARANG- Perum BULOG Kanwil Jawa Tengah memastikan, beras yang digunakan untuk 'Program Bantuan Beras PPKM' memiliki kualitas dan kuantitas...

Bayar Listrik di Awal Bulan Lebih Nyaman dengan Aplikasi PLN Mobile

JAKARTA – Listrik memudahkan hidup orang di kehidupan modern ini. Namun jangan lupa membayar biaya listrik sesuai penggunaan agar...
- Advertisement -spot_imgspot_img

FASTLab Semarang Buka di UTC Convention Hotel

SEMARANG - Menjaga daya tahan tubuh dengan mengatur pola makan, istirahat yang cukup serta olahraga teratur menjadi hal yang...

SNI untuk Jamin Kualitas Mutu Madu

JAKARTA - Pandemi Covid-19 masih terus melanda dunia termasuk Indonesia. Memperkuat dan meningkatkan imunitas tubuh merupakan salah satu cara...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda