Inilah Tokoh Penting Peristiwa Pertempuran Lima Hari di Semarang

0
Peristiwa pertempuan lima hari di Semarang selalu dipusatkan di kawasan Tugu Muda. (foto:semarangkota.id)

SEMARANG, ZONAPASAR.COM – Pemerintah Kota Semarang selalu memperingati peristiwa bersejarah yakni Pertempuran lima Hari di Kota Semarang. Pertempuran lima hari di Semarang setiap tahun diperingati di seputar Tugu Muda Kota Semarang. Begitu juga tahun ini juga akan ada kegiatan dalam rangka peringatan pertemuan lima hari di Semarang, Kamis (14/10) malam.

Informasi dari Polrestabes Semarang, untuk peringatan pertemuan lima hari di Semarang tersebut akan dilakuan rekayasa jalan pada Kamis (13/10) dan Jumat (14/10) mulai pukul 18.00 WIB hingga selesai. Masyarakat diminta untuk menghindari kawasan Tugu Muda pada jam-jam tersebut.

Lantas siapa saja tokoh-tokoh terkenal dalam peristiwa pertemuan lima hari di semarang. berikut tokoh yang terlibat seperti yang diakses dari wikipedia:

  1. dr. Kariadi, dokter yang akan mengecek cadangan air minum di daerah Candi yang kabarnya telah diracuni oleh Jepang. Ia juga merupakan Kepala Laboratorium Dinas Pusat Purusara.
  2. Mr. Wongsonegoro, Gubernur Jawa Tengah yang sempat ditahan oleh Jepang.
  3. Dr. Sukaryo dan Sudanco Mirza Sidharta, tokoh Indonesia yang ditangkap oleh Jepang bersama Mr. Wongsonegoro.
  4. Mayor Kido (Pemimpin Kidō Butai), pimpinan Batalion Kidō Butai yang berpusat di Jatingaleh.
  5. drg. Soenarti, Istri dr. kariadi
  6.  Kasman Singodimejo, Perwakilan perundingan gencatan senjata dari Indonesia.
  7. Jenderal Nakamura, perwira tinggi yang ditangkap oleh TKR di Magelang.

Sebagai sebuah penghormatan terhadak tokoh tokoh tersebut, nama Dr Kariadi sekarang sudah menjadi nama sebuah rumah sakit nasional, Dr Kariadi di Kota Semarang. Begitu juga Wongsonegoro, sekarang menjadi nama sebuah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Semarang yang berada di Ketileng Kota Semarang. (alkomari)

Tinggalkan pesanan

email kami rahasiakan