UmumKesehatanKKP Siagakan 14 Petugas di Bandara Ahmad Yani Antisipasi...

KKP Siagakan 14 Petugas di Bandara Ahmad Yani Antisipasi Virus Corona

-

- Advertisment -spot_img

Simulasi penanganan virus corona di Bandara Ahmad Yani Semarang, Kamis (30/1/20).

SEMARANG – Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Semarang menyiagakan 14 petugas khusus di Bandara Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, untuk antisipasi penyebaran virus corona.

Kepala KKP Semarang, Ariyanti mengatakan, petugas yang disiagakan meliputi dokter, paramedis, surveilans epidemiologi, petugas laboratorium dan pengendalian lingkungan.

“Bukan hanya itu, kita juga bekerja sama dengan beberapa instansi seperti bea cukai, imigrasi dan lainnya untuk berbagi peran masing-masing,” kata di sela-sela kegiatan simulasi penanganan virus corona di Bandara Ahmad Yani, Kamis (30/1/20).

Dia mengatakan, simulasi tersebut untuk mengantisipasi masuknya virus corona, dari lalu lintas manusia melalui bandar udara. Khususnya, penanganan saat mendapati pasien yang dicurigai terinveksi virus tersebut.

“Mulai dari pengawasan tiap penumpang terutama yang datang dari luar negeri, scanner suhu tubuh. Jika ditemukan suhu tubuh tinggi, maka dilakukan pemeriksaan lanjut. Dan jika ada indikasi bisa dirujuk ke RSUD Kariadi, karena yang ditunjuk oleh pemerintah,” ujarnya.

Ditambahkannya, bak penanganan kasus yang sebenarnya, petugas dibekali alat dan perlindungan diri sesuai standar operasional prosedur (SOP).

“Bisa dilihat tadi, petugas memakai baju khusus, sepatu, sarung tangan dua lapis, masker, APD (alat pelindung diri) lengkap,” jelas Ariyanti.

Hingga saat ini, tegasnya, belum ditemukan kasus pasien yang terpapar novel corona virus, di Jawa Tengah. “Belum ada, sampai saat ini belum ada,” katanya.

Sementara itu General Manager PT Angkasa Pura I Bandar Udara Jenderal Ahmad Yani, Hardi Ariyanti menambahkan, selain kesiapsiagaan petugas, juga disiagakan alat scanner tubuh untuk mendeteksi kondisi penumpang. Dan, disiapkan ruang pemeriksaan, isolasi dengan tekanan udara negatif, kapsul tekanan udara negatif.

“Ini baru satu-satunya simulasi yang dilakukan di bandara di Indonesia. Ini sebagai bentuk kesiapsiagaan dan antisipasi terhadap novel corona virus,” ucapnya.

Tindakan lain, pihaknya juga telah menutup akses penerbangan Semarang-Tiongkok.

“Sudah kita tutup, sejak maraknya isi virus ini. Penutupan dilakukan sampai situasi dan kondisi kembali normal,” pungkasnya. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Ramadan Kareem ala Patra Semarang

SEMARANG -  Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinanti oleh umat muslim, salah satu momen yang paling dinanti setelah seharian...

JNE Berikan Promo Berlimpah di Bulan Ramadhan 2021

SEMARANG – Bulan Ramadhan telah tiba, seluruh masyarakat menyambut antusias dengan tradisi untuk saling berbagi kepada keluarga dan kerabat....

3Second Buka Gerai Baru di Kota Semarang dengan Konsep Family Store

SEMARANG - 3Second kembali melebarkan sayap dengan membuka Store terbarunya berkonsep Family Store di Kota Semarang, Jawa Tengah. 3Second Family Store yang berada di...

LG Borong 31 Red Dot Award

JAKARTA- Tak hanya dari inovasi, kepiawaian LG dalam meramu produk elektroniknya juga menyentuh hingga penciptaan desain yang mengesankan. Sebagai...
- Advertisement -spot_imgspot_img

CIMB Niaga Perkuat Kapabilitas OCTO Mobile Jadi Super App

JAKARTA- Seiring meningkatnya aspirasi nasabah terhadap layanan finansial berbasis digital, perbankan terus berinovasi meningkatkan kapabilitas platform digitalnya, sehingga dapat...

PGN Siapkan Pasokan dan Infrastruktur Gas Bumi di Jawa Tengah

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk dan PT Jateng Petro Energi (Perseroda) (JPEN) telah melakukan penandatanganan Memorandum of...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda