PDIP Bakal Umumkan Balon Pilgub Jateng Jelang Pendaftaran

SEMARANG – Teka teki siapa bakal calon gubernur yang akan diusung PDIP Perjuangan di Pilgub Jateng 2018 masih tanda tanya. Sebagai partai dengan jumlah kursi terbanyak di DPRD Jateng, langkah PDIP sangat dinantikan banyak orang.

Sejauh ini dua nama yang menguat di permukaan adalah calon petahana Ganjar Pranowo dan Bupati Kudus Mustofa. Keduanya paling sering dibicarakan masyarakat dan sudah akrab di telinga masyarakat.

Hanya saja berkaca pada Pilgub sebelumnya, PDIP selalu mengumumkan bakal calonnya pada menit-menit akhir menjelang pendaftaran atau lastminute. Berdasar jadwal tahapan Pilgub sendiri, pendaftaran bakal calon gubernur akan mulai dilakukan 8-10 Januari 2018.

Melihat dinamika yang berkembang di PDIP, sepertinya bakal calon akan diumumkan bersama bakal calon yang akan diusung di Pilgub Jabar. Jabar dan Jateng akan melakukan pilkada dengan waktu bersamaan, dan di kedua daerah tersebut PDIP masih belum mengumumkan bakal calon yang diusung.

Sedangkan lawan PDIP sudah mengumumkan bakal calonnya, seperti di Jateng Gerindra mencalonkan mantan menteri ESDM Sudirman Said. Sedangkan di Jabar Gerindra bersama PKS dan PAN mencalonkan Mayjen (purn) Sudrajat.

Khusus di Jateng, polarisasi dukungan terhadap bakal calon sepertinya akan sama dengan yang terjadi di DKI Jakarta. Dimana calon yang diusung poros Gerindra dengan poros yang diusung PDIP.

Seperti di DKI, poros calon dari Gerindra akan didukung dari PKS dan PAN. Sedangkan poros calon dari PDIP akan didukung Nasdem. Dalam perkembangannya beberapa dukungan partai lain akan ditentukan berdasarkan dinantikan di daerah, seperti PKB, PPP, Partai Demokrat, Golkar, dan partai lainnya. (ZP/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here