Penumpang Semarang-Jakarta Tinggi, KA Tawang Jaya Premium Reguler Diluncurkan

PERJALANAN- Kenampakan bagian dalam Kereta Api Tawang Jaya Premium yang bakal segera dioperasikan mulai 6 April mendatang secara reguler.

SEMARANG- Tepat pada tanggal 6 April 2018 mendatang, PT KAI Daop 4 Semarang akan meresmikan dimulainya pengoperasian perjalanan kereta api Tawang Jaya Premium relasi Semarang Tawang – Pasar Senen menjadi perjalanan reguler.

Langkah tersebut dilakukan untuk mengakomodir melonjaknya permintaan masyarakat akan transportasi kereta api di wilayah Daop 4 Semarang terutama pada relasi Semarang – Jakarta yang tumbuh sebesar 7 persen pada tahun lalu.

Rangkaian kereta api tersebut akan menggunakan kereta ekonomi premium yang berkapasitas 80 tempat duduk pada tiap gerbong, dengan stand formasi 1 rangkaian kereta api membawa 9 gerbong. Kemudian 1 gerbong kereta makan dan 1 gerbong kereta pembangkit listrik, sehingga daya kapasitas KA Tawang Jaya Premium Reguler itu mampu mengangkut sebanyak 720 penumpang setiap perjalanannya.

Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto mengatakan, dengan diresmikannya kereta tersebut diharapkan bisa memperlancar mobilitas warga Semarang dan Jakarta terutama dalam kegiatan ekonomi, serta dapat menyumbang peningkatan kunjungan wisatawan ke wilayah Jawa Tengah.

“Diharapkan selain mempelancar mobilitas warga Semarang dan Jakarta dalam kegiatan ekonominya, juga bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke wilayah Jawa Tengah, terutama ke daerah Pantura bagian tengah seperti Tegal, Pekalongan, Semarang dan Ambarawa,” kata Suprapto, Rabu (4/4)

Suprapto menambahkan, harga yang ditawarkan cukup terjangkau dengan fasilitas yang disediakan. Diantara fasilitas tersebut, mulai dari tempat duduk dengan bangku yang lebih nyaman dan luas dibandingkan dengan kelas ekonomi biasa serta bisa dirubah sandarannya (reclining seat), AC, interior kereta yang ekslusif, charger HP, toilet ramah lingkungan, TV dan CCTV.

“Tarif dari KA Tawang Jaya Premium Reguler itu, berkisar diantara Rp 180.000 s/d Rp 240.000,” ujarnya

Sementara itu, data PT KAI Daop 4 Semarang menunjukan jumlah penumpang kereta api di wilayah ini menunjukan trend positif, tercatat pada tahun 2017, jumlah penumpang yang naik mencapai 5.808.033 orang, atau meningkat sebesar 15 persen dibandingkan tahun 2016 yang mencapai 5.395.516 orang.

Sedangkan untuk data penumpang berdasarkan relasi dari wilayah Daop 4 Semarang menuju Jakarta, terjadi kenaikan sebesar 7 persen. Dimana pada tahun 2017 berjumlah total 1.638.312 penumpang, sedangkan di tahun 2016 berjumlah 1.529.708 penumpang.

Sementara untuk periode Januari hingga Maret 2018, jumlah penumpang relasi dari wilayah Daop 4 Semarang ke Jakarta berjumlah 403.914 penumpang. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here