PolitikPilkada 2020Pilgub Jateng 2018, Ganjar-Yasin No 1, Sudirman- Fauziyah...

Pilgub Jateng 2018, Ganjar-Yasin No 1, Sudirman- Fauziyah No 2

-

- Advertisment -spot_img

Undian nomor urut pasangan calon Pilgub Jateng 2018 di Hotel Patrajasa Semarang, Selasa (13/2 /2018)

Semarang – zonapasar.com – Dua paslon yang akan bertarung di Pilgub Jawa Tengah Juni 2018  sudah memiliki nomor urut.  Paslon Ganjar-Yasin dapat nomor 1 dan Sudirman-Fauziyah nomor 2. Nomor urut ditentukan melalui undian yang dilakukan oleh KPU Jateng di ruang Rama Shinta Hotel Patrajasa, Semarang Selasa malam (13/2/2018). Hadir pada kesempatan itu,  anggota Bawaslu Jateng dan dengan disaksikan oleh ratusan pendukung kedua paslon.

Prosesinya,  dua pasangan lebih dulu mengambil undian untuk menentukan siapa yang akan mengambil lebih dulu undian nomor urut.
Pengundian pertama diawali oleh Sudirman-Fauziyah karena datang lebih awal sesuai daftar di buku tamu. Paslon Ganjar-Yasin menyusul kemudian. Dari pengundian pertama, ditentukan Sudirman mengambil undian terlebih dahulu, diikuti Ganjar.

Kemudian keduanya membuka gulungan kertas bersama dan diketahui nomor urut masing-masing. Para pendukung dari kedua belah pihak langsung heboh meneriakkan yel-yel dan mengangkat papan sesuai nomor urut jagoannya.
Kedua paslon kemudian mengucap janji Pilkada Damai dipimpin oleh Ketua KPU Jateng Joko Purnomo.
“Menyatakan siap melaksanakan Pemilihan Gubernur 2018 yang berintegritas, aman, tertib, dan damai,” kata Joko Purnomo,  Ketua KPUD Jatdng dalam kutipan janji diikuti dua paslon.
Bagaimana tanggapan pasangan calon dengan nomor urutnya itu?
“Insyaallah nomor 1 juara 1,” kata Ganjar mengawali sebelum dipersilakan memberi sambutan di podium.
Di podium, Taj Yasin mengawali ungkapan serupa terkait nomor urut yang mereka peroleh. Kemudian Ganjar menambahkan, pihaknya berkomitmen mengikuti pilkada yang damai.
“Saya dan Gus Yasin bergandengan tangan. Pilkada aman dan tenang, becikdan nyenengke, kita bikin contoh untuk Indonesia,” tandas Ganjar.
Setelah itu giliran Sudirman-Fauziyah. Ida Fauziyah mengawali dengan makna nomor urut 2 baginya. Ia mengaku memang berharap mendapatkan urutan itu.
“Entah kenapa selalu berharap dapat nomor urut 2. Nomor 2 adalah nomor keberuntungan,” kata Ida Fauziyah.
Sementara itu, Sudirman Said mengatakan nomor urutnya sesuai dengan sila kedua Pancasila, yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab.
“Nomor urut 2, kemanusiaan yang adil dan beradab. Ini tugas kemanusiaan agar lebih adil dan beradab. Nomor 2 itu victory,kemenangan, warna bendera kita dwiwarna, 2 syahadat,” kata Sudirman.
Mantan menteri ESDM itu juga mengungkapkan janjinya untuk tidak menambah kepala daerah yang ditangkap KPK jika terpilih nanti. Karena hingga saat ini sudah ada banyak kepala daerah yang ditangkap KPK.
“Kami tidak ingin tambah jumlah itu,” ujar Sudirman.
Sayang,  malam pengundian nomor urut sempat diwarnai kericuhan. Sebelum pengundian nomor,  ada keributan di antara dua kubu pendukung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.
Awalnya dua kubu meneriakkan yel-yel bersama di depan gedung Rama Shinta menjelang pengundian. Kemudian ada oknum pendukung yang melempar botol air mineral. Keributan pun terjadi.
Kedua pendukung melakukan dorong-dorongan hingga akhirnya pihak kepolisian turun tangan. Dua kali gas air mata ditembakkan agar massa bubar dan situasi kondusif.
“Cukup panas juga.  Tadi sampai dua kali ada tembakan gas air mata, saya kena, ini pedih matanya,” kata saksi di lokasi, Ari, di lokasi.
Situasi tersebut cepat terkendali dan tidak mengganggu persiapan pengundian di dalam ruangan. Saat itu,  kedua paslon sudah ada di ruangan.  (ZP03)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

JNE Ikut ‘Mengantarkan’ Kesuksesan Bigissimo

SEMARANG - Kesuksesan penjualan produk fashion bigsize yang digeluti Prasina Dewi Nur Cahyani melalui brand Bigissimo tak terlepas juga...

Kerja Sama XL Axiata – Bank BCA Permudah Pelanggan Beli Paket Data

JAKARTA– PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menjalin kerjasama strategis dengan Bank Central Asia (BCA) guna mempermudah pelanggan yang...

Stall Gerobak Nasi Goreng Hotel Santika Pekalongan

PEKALONGAN - Berbagai Menu makanan dengan bahan dasar nasi sepertinya masih menjadi idola untuk masyarakat Indonesia. Sebut saja Nasi...

Bentomie, Perpaduan Mie dan Bento

SEMARANG- Pengunjung Prima Raja Resto yang berada di kawasan Puri Anjasmoro Semarang kini diberikan ragam pilihan menu. Selain seafood...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Masjid Megah Pendiri JNE, diresmikan Gubernur Bangka Belitung

BANGKA BELITUNG– Masjid Jami’ Soeprapto Soeparno pertama kali dibangun oleh pendiri JNE, Almarhum Bapak H. Soeprapto Soeparno tahun 1979....

XL Axiata Dukung Geliat Wisata Jawa Tengah

*Pastikan Kualitas Jaringan di Magelang, Wonosobo, dan Temanggung MAGELANG- Industri wisata di Jawa Tengah terus menggeliat dan mencoba bangkit, antara...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda