UmumRenovasi Masjid Baiturrahman Telan Dana Rp 12,1 Miliar

Renovasi Masjid Baiturrahman Telan Dana Rp 12,1 Miliar

-

- Advertisment -spot_img

Masjid Baiturrahman Kota Semarang, Jawa Tengah/istimewa.

SEMARANG- Proyek renovasi Masjid Baiturrahman Kota Semarang, Jawa Tengah telah selesai dilakukan. Sedikitnya rehabilitasi Masjid ini menelan dana Rp 12,1 miliar.

“Pekerjaan yang dilakukan mulai penataan landscape, pembuatan taman, penataan tempat parkir, toilet, tempat wudhu, pekerjaan elektrik, sound system dan penyempurnaan lain seperti pengecatan dan pembuatan tulisan kaligrafi,” kata Tim Teknis Penataan dan Renovasi Masjid Baiturrahman, Agus Wahyudi, Sabtu (2912).

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyampaikan terima kasih kepada Kementerian PUPR dan semua pihak yang telah membantu dalam renovasi masjid ini. Dengan renovasi ini, tentunya masjid Baiturrahman menjadi lebih bagus, lebih indah dan menjadi landmark di Kota Semarang,

Disebutnya, Pemprov Jateng sebenarnya ingin membangun masjid Baiturrahman menjadi lebih bagus dan indah. Namun karena bangunan tersebut sudah masuk cagar budaya, sehingga pembangunan harus memperhatikan kaidah cagar budaya.

“Awalnya ingin kami bongkar dan bangun kembali, namun karena sudah masuk heritage, jadi tidak bisa dilakukan. Nanti mungkin akan kami kembangkan kawasan di sekitar masjid ini, pengelola yayasan masjid dan para sesepuh sudah membicarakan hal itu,” terang mantan anggota DPR RI ini.

Menurutnya, keberadaan Masjid Baiturrahman sangat strategis. Berada di pusat kota yang penuh dengan aktivitas perekonomian, masjid itu diharapkan mampu menjadi pengingat kepada warga Semarang untuk tetap dekat dengan Tuhan.

“Simpanglima ini kan pusat perekonomian. Masjid ini diharapkan menjadi pengingat, agar orang tidak lupa, tidak hanya mengejar urusan dunia tapi juga ingat akhirat,” ungkap Ganjar.

Dia juga berharap Masjid Baiturrahman tidak hanya untuk tempat ibadah. Nantinya mesti ada kegiatan-kegiatan lain yang dilakukan di masjid tersebut.

“Masjid ini bisa jadi pusat penyebaran agama dan kebudayaan Islam yang baik. Aktivitas-aktivitas positif harus dikembangkan di masjid ini, karena hampir setiap hari banyak masyarakat yang berkunjung,” tutup Ganjar.

Sementara Ketua MUI Jawa Tengah, KH Ahmad Darodji mengemukakan, renovasi dan penataan Masjid Baiturrahman merupakan bukti pemerintah peduli terhadap pengembangan keagamaan di Jawa Tengah.

“Semoga renovasi ini membuat masjid ini menjadi tempat beribadah yang nyaman, agar masyarakat semakin senang beribadah ke masjid,” ucapnya. (ZP/07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Pengusaha Makin Sadar Pakai Dexlite

SEMARANG– Kesadaran penggunaan Dexlite sebagai bahan bakar minyak (BBM) ramah lingkungan dengan emisi pembakaran yang rendah di kalangan pengusaha...

XL Axiata dan Vision+ Luncurkan Paket Bundling

JAKARTA- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus memperkuat bisnis layanan Over The Top (OTT) dan layanan hiburan, seiring...

PLN Gelar PLN Mobile Virtual Charity Run and Ride

JAKARTA– PLN kembali menggelar kegiatan virtual charity run and ride pada 16 Oktober s.d. 7 November 2021. Virtual Charity...

Ajak Masyarakat Bijak Gunakan BBM, Pertamina Dorong Solar Subsidi Tepat Sasaran

SEMARANG – Sebagai badan usaha yang menerima penugasan dari pemerintah dalam menyalurkan bahan bakar minyak (BBM) subsidi, dalam hal...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Hotel Santika Pekalongan Gratiskan Ambil Kopi dan Teh Setiap Hari

PEKALONGAN - Hotel Santika Pekalongan merupakan salah satu hotel bintang 3 yang terletak di Kota Pekalongan. Memiliki letak yang...

Menjadi Programmer Sukses Masa Kini

JEPARA - Market Corner Goes To School yang merupakan kegiatan kolaborasi antara Up Radio dan Gmedia yang  pada bulan...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda