Rumah Zakat Bantu Tim Evakuasi Korban di Danau Toba

MEDAN- Rumah Zakat menugaskan 10 relawan untuk membantu proses evakuasi korban kapal tenggelam di Danau Toba, Sumatera Utara. Peristiwa yang terjadi pada Senin, (18/6) lalu diduga tenggelam karena kondisi cuaca yang buruk disertai dengan angin kencang.

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Irjen Pol Budi Setiyadi sebagaimana dikutip Kantor Staf Kepresidenan (KSP) mengatakan, Rabu (20/6) tim evakuasi menemukan 21 penumpang. Tiga orang penumpang meninggal dunia dan 18 orang lainnya berhasil diselamatkan.

“Jumlah penumpang sebenarnya belum bisa dipastikan, karena ini kapal rakyat yang tidak ada manifesnya. Transaksi pembelian tiketnya pun masih dilakukan secara manual,” ujar Budi Setiyadi.

Menurut Branch Manager Rumah Zakat Medan, Budi Syahputra, relawan Rumah Zakat yang terdiri dari 10 orang dibagi ke beberapa tugas. Diantaranya ada yang bersiap di mobil ambulance, melakukan evakuasi bersama BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Medan, dan ada yang berjaga di posko utama.

“Kami akan terus melakukan pencarian selama beberapa hari ke depan. Kami juga mendirikan pos hangat untuk melayani tim evakuasi dan keluarga korban yang terus berdatangan,” tambah Budi Syahputra. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here