Rumah Zakat Rancang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Gempa Lombok

LOMBOK– Rumah Zakat telah merancang program rehabilitasi dan rekonstruksi pasca gempa Lombok yang terjadi pada Minggu, (29/7) lalu. Program tersebut akan berjalan setelah masa tanggap darurat bencana selesai dan bertujuan agar warga yang terdampak bisa segera mendapatkan kehidupan seperti biasanya.

“Untuk tahap ini, kami akan berfokus pada enam program. Diantaranya, pembangunan shelter, sekolah darurat, masjid, layanan kesehatan dan penyediaan armada kesehatan, pemberian dan pendampingan modal usaha untuk warga terdampak gempa, dan penyediaan food aid,” jelas Nur Efendi, CEO Rumah Zakat, Senin (20/8).

Nur menambahkan, selain itu Rumah Zakat akan kembali mengirimkan 50.000 paket Superqurban untuk memasok bahan makanan bagi warga yang terdampak. Dan akan mendistribusikan 50.000 paket siaga pangan untuk Lombok.

“Alhamdulillah kami juga memiliki pos layanan yang terintegrasi dalam satu kawasan, seperti pos pengungsian, dapur umum, klinik darurat, masjid darurat, sekolah darurat dan MCK. Hal tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar para pengungsi yang dapat terpenuhi di satu kawasan,” kata Nur.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat telah terjadi 543 kali gempa susulan dengan kekuatan 4.0-7.0 SR. Gempa tersebut berdampak 483 orang meninggal, 1.353 terluka, dan 38.065 rumah rusak berat. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here