Ekonomi BisnisSurvei BI: Penjualan Eceran Kota Semarang Menurun pada Oktober...

Survei BI: Penjualan Eceran Kota Semarang Menurun pada Oktober 2019

-

- Advertisment -spot_img

Pembeli tengah mencari barang di salah satu pusat perbelanjaan di Semarang, Selasa (3/11/19).

SEMARANG – Survei Bank Indonesia pada Oktober 2019 mencatat penjualan eceran Kota Semarang diindikasikan mengalami penurunan secara bulanan.

Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil Survei Penjualan Eceran, dimana indeks penjualan eceran riil (IPR) tercatat sebesar 180,3 atau turun sebesar 0,6% (mtm).

Adapun kondisi penurunan tersebut berbanding terbalik dibandingkan bulan lalu yang mengalami peningkatan sebesar 1,5% (mtm).

Kepala Grup Sistem Pembayaran, PUR, Layanan, dan Administrasi BI Jateng, Anton Daryono mengatakan, secara tahunan, penjualan eceran di Kota Semarang masih mencatatkan penurunan.

Pada Oktober 2019, IPR menurun sebesar 1,0% (yoy), sama dengan besar penurunan bulan sebelumnya yang juga sebesar 1,0% (yoy).

“Penurunan penjualan ritel secara tahunan terjadi pada empat kelompok komoditas, dengan penurunan terdalam pada kelompok komoditas barang lainnya sebesar 17,2% (yoy) serta sandang sebesar 13,9% (yoy). Sementara itu, kelompok komoditas peralatan dan komunikasi mengalami peningkatan sebesar 4,1% (yoy),” ujar Anton, Selasa (3/12/19).

Meski demikian, lanjutnya kinerja penjualan eceran Kota Semarang pada November 2019 diperkirakan mengalami peningkatan secara bulanan. Perkembangan ini tercermin dari perkiraan IPR November 2019 yang tercatat sebesar 181,9; atau naik sebesar 0,9% (mtm).

“Tujuh dari delapan kelompok komoditas diperkirakan mengalami peningkatan omset dibandingkan bulan sebelumnya, dengan peningkatan tertinggi pada kelompok barang budaya dan rekreasi (10,9%; mtm) dan kelompok perlengkapan rumah tangga lainnya (4,3%; mtm),” jelasnya.

Disebutnya, ekspektasi omset penjualan pada tiga dan enam bulan yang akan datang juga masih berada pada level optimis. Hal ini tercermin dari Indeks Ekspektasi Penjualan yang berada di atas angka 100.

Indeks Ekspektasi Omset Penjualan 3 bulan mendatang (Februari 2020) tercatat sebesar 135,6; sementara Indeks Ekspektasi Penjualan 6 bulan mendatang (Mei 2020) sebesar 177,8.

Selanjutnya, tekanan harga secara umum diperkirakan menurun pada tiga bulan yang akan datang (Februari 2020). Indikasi ini terlihat dari Indeks Ekspektasi Harga Umum 3 bulan mendatang sebesar 133,3. Namun, tekanan harga secara umum diperkirakan meningkat pada enam bulan yang akan datang (Mei 2020) dengan Indeks Ekspektasi Harga Umum 6 bulan mendatang sebesar 188,9. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Ramadan Kareem ala Patra Semarang

SEMARANG -  Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinanti oleh umat muslim, salah satu momen yang paling dinanti setelah seharian...

JNE Berikan Promo Berlimpah di Bulan Ramadhan 2021

SEMARANG – Bulan Ramadhan telah tiba, seluruh masyarakat menyambut antusias dengan tradisi untuk saling berbagi kepada keluarga dan kerabat....

3Second Buka Gerai Baru di Kota Semarang dengan Konsep Family Store

SEMARANG - 3Second kembali melebarkan sayap dengan membuka Store terbarunya berkonsep Family Store di Kota Semarang, Jawa Tengah. 3Second Family Store yang berada di...

LG Borong 31 Red Dot Award

JAKARTA- Tak hanya dari inovasi, kepiawaian LG dalam meramu produk elektroniknya juga menyentuh hingga penciptaan desain yang mengesankan. Sebagai...
- Advertisement -spot_imgspot_img

CIMB Niaga Perkuat Kapabilitas OCTO Mobile Jadi Super App

JAKARTA- Seiring meningkatnya aspirasi nasabah terhadap layanan finansial berbasis digital, perbankan terus berinovasi meningkatkan kapabilitas platform digitalnya, sehingga dapat...

PGN Siapkan Pasokan dan Infrastruktur Gas Bumi di Jawa Tengah

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk dan PT Jateng Petro Energi (Perseroda) (JPEN) telah melakukan penandatanganan Memorandum of...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda