Tim Pemenangan Sudirman-Ida Waspadai Server KPU yang Down

Sudirman Said beserta tim pemenangan dan advokatnya saat jumpa pers di Hotel Grasia Semarang, Kamis (28/6).
Sudirman Said beserta tim pemenangan dan advokatnya saat jumpa pers di Hotel Grasia Semarang, Kamis (28/6).

SEMARANG- Tim pemenangan Calon Gubernur Jawa Tengah nomor urut 2 Sudirman-Ida mewaspadai server aplikasi Sistem Informasi Penghitungan (Situng) Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang down saat Real count atau hitung real time pada Rabu (27/6) lalu.

Juru Bicara Tim Pemenangan Sudirman-Ida, Sriyanto Saputro mengatakan, saat ini pihaknya waspada dan mencium adanya pihak yang tidak senang dengan perolehan suara 40% sehingga ingin mengubah angka tersebut.

“Tugas kita sekarang ini adalah mengamankan formulir C1, kami mencium pihak-pihak yang tidak senang. Terkait server (KPU) down, itu wajib diwaspadai, jangan sampai satu suara pun hilang,” kata Sriyanto, Kamis (28/6).

Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo mengaku heran server Situng bisa down di saat krusial. Padahal, selama ini server Situng tidak pernah mengalami permasalahan.

“Ada masalah server di KPU pusat. Saya enggak tahu kenapa. Padahal, sebelum ini enggak pernah ada masalah. Mungkin karena terlalu banyak yang mengakses sehingga terjadi traffic yang menyebabkan server down,” ujarnya.

Dijelaskan, jika server tidak mengalami masalah, Situng bisa diakses masyarakat sejak pukul 15.00 WIB. Namun, karena server mengalami gangguan alhasil hingga Rabu malam, data real count belum bisa ditampilkan melalui laman resmi KPU di infopemilu.kpu.go.id.

Ditambahkan, rekapitulasi surat suara pilkada atau Pilgub Jateng 2018 akan diumumkan KPU Jateng pada 9 Juli 2018 nanti. Paslon yang tidak terima dengan hasil rekapitulasi diberi waktu selama tiga hari untuk mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kalau tidak ada yang mengajukan gugatan, maka akan kami umumkan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih pada tanggal 12 Juli nanti,” imbuhnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here