Real Count KPU, Ganjar-Yasin Unggul di Pilkada Jateng

ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA
ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA

SEMARANG- Real count atau hitung real time versi Komisi Pemilihan Umum (KPU) menempatkan pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah nomor urut 1 Ganjar Pranowo-Taj Yasin unggul atas rivalnya Sudirman Said-Ida Fauziyah. Paslon petahana, berdasarkan formulir C1 terkumpul dari tiap TPS, meraih 59,24 persen suara.

Dari pantauan pada laman resmi infopemilu.kpu.go.id per Kamis (28/6) pukul 12.30 WIB, Ganjar-Yasin dipilih 9.339.420 orang. Sementara Sudirman-Ida dicoblos sebanyak 6.425.421 orang atau meraup 40,76 persen suara yang ada.

Data tersebut diperoleh dari 57.231 TPS atau 88,68 persen dari 63.973 total TPS yang ada di seluruh 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Ketua KPU Jateng Joko Purnomo mengatakan, saat ini proses rekapitulasi dan entry data di tingkat kabupaten telah usai.

“Per tadi pagi sudah, sedang ditransfer ke provinsi tapi server sepertinya sedang down. Karena terlalu banyak,” katanya, Kamis (28/6).

Meski demikian, Joko yakin proses bisa rampung seluruhnya sore nanti. Sehingga, hasil rekapitulasi di tingkat kabupateng bisa langsung dilanjutkan dengan pengolahan di tingkat provinsi.

“Sesuai ketentuan, rekapitulasi surat suara di KPU Jawa Tengah akan dilakukan pada 7 Juli 2018 mendatang,” sambungnya.

Dibeberkannya, setelah tahap ini maka KPU akan melakukan penetapan hasil pada 9 Juli 2018. Dilanjutkan penetapan pasangan calon pada 12 Juli 2018.

“tu dengan catatan tidak ada gugatan ke MK. Kalau ada, maka penetapan tiga hari setelah ada putusan MK,” pungkasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here