UMKMBegini Cara Dekranasda Palangkaraya Perkenalkan Produk Kesenian Daerah

Begini Cara Dekranasda Palangkaraya Perkenalkan Produk Kesenian Daerah

-

- Advertisment -spot_img
Puluhan tas, sepatu, kalung etnik dan aneka makanan ringan khas Palangkaraya, Kalimantan Tengah, memenuhi stand Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng), diajang pemeran UMKM se Indonesia, di Java Mall, Semarang, pada Sabtu (14/4).

SEMARANG- Puluhan tas, sepatu, kalung etnik dan aneka makanan ringan khas Palangkaraya, Kalimantan Tengah, memenuhi stand Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng), diajang pemeran UMKM se Indonesia, di Java Mall, Semarang, pada Sabtu (14/4).

Aneka kerajinan tersebut dibuat dari bahan asli Kalimantan, seperti rotan dan batu giok, yang dirangkai sedemikian rupa hingga menjadi barang yang bernilai jual. Selain kerajinan tangan, ada pula produk lain seperti Kopi Copang yang diambil dari Pangkoh Kalteng, Kripik Pare, hingga Pisang Sale.

Salah satu penjaga stand, Elias David mengatakan, jika produk-produk itu dibawa menuju pameran guna memperkenalkan beragam produk kesenian Kalimantan yang tidak kalah bagus dan uniknya dari tempat lain.

“Semua produk yang kita bawa ada yang terbuat dari rotan dan batu-batuan khas Kalimantan. Semua kita bawa agar orang tahu ini produk kesenian dan adatnya Kalimantan,” kata Elias David.

Dijelaskan, semua produk tersebut dibuat oleh masyarakat setempat seperti ibu rumah tangga dan para pemuda di bawah binaan Dekranasda Palangkaraya.

“Di sana kita kan ada Dekranasda yang ngembangin kesenian kayak yang dibawa sekarang. Aslinya ada banyak tapi kita cuma bawa ini saja,” ujarnya.

Ia berharap, melalu kegiatan pameran itu menjadikan masyarakat Jewa Tengah khususnya kian menggenal produk asal Kalimantan yang sangat beragam.

“Ini kan produk kesenian dan adat daerah kita. Semoga dengan banyak yang datang melihat bisa dikenal lebih luas lagi,” ujarnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Tingkat Hunian Kembali Membaik, Hotel Santika Pekalongan Tak Kendurkan Prokes

PEKALONGAN - Pada momen lebaran tahun ini tingkat hunian hotel kembali menggeliat. Momen libur lebaran yang panjang serta dilonggarkan...

CRF1100L Africa Twin Adventure Sports Tampil Makin Gaya

ZONAPASAR.COM, SEMARANG - PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan model terbaru dari CRF1100L Africa Twin Adventure Sports dengan beragam...

CB150X Chapter Jateng Resmi Terbentuk

ZONAPASAR.COM, KARANGANYAR – Kian menjadi sorotan sebagai motor sport adventure idaman bagi anak muda sejak dilaunching secara Regional Jawa...

PGN Percepat Transformasi Bisnis Berbasis Digital dan Marketing 3.0, Dukung Pencapaian Target 1 Juta Jargas

JAKARTA – Subholding Gas Pertamina, PT PGN Tbk, terus mengupayakan percepatan transformasi bisnis dan berbasis digital khususnya selama pandemi...
- Advertisement -spot_imgspot_img

PLN Sabet 4 Penghargaan BUMN Entrepreneurial Marketing Award 2022

JAKARTA - PT PLN (Persero) berhasil menyabet 4 penghargaan pada BUMN Entrepreneurial Marketing Award 2022. Pada ajang ini, PLN dinobatkan...

MAKUKU Perkenalkan Varian Baru

ZONAPASAR.COM, JAKARTA – MAKUKU, pelopor popok anti gumpal, meluncurkan varian terbaru MAKUKU Air Diapers Comfort yaitu popok terjangkau dan...

Must read

Hadirkan Konten Video Premium untuk Pelanggan, Smartfren Tandatangani Kerja Sama Ekslusif dengan Vision+

JAKARTA – Smartfren menjadi operator pertama di Indonesia yang...

Kementerian Ketenagakerjaan Indonesia Lakukan Tes IVA Kepada 500 Karyawan Perempuan Sido Muncul

  ZONAPASAR.COM, SEMARANG - Setiap perempuan berisiko untuk terkena kanker leher...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda