UMKMBegini Cara Dekranasda Palangkaraya Perkenalkan Produk Kesenian Daerah

Begini Cara Dekranasda Palangkaraya Perkenalkan Produk Kesenian Daerah

-

- Advertisment -spot_img

Puluhan tas, sepatu, kalung etnik dan aneka makanan ringan khas Palangkaraya, Kalimantan Tengah, memenuhi stand Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng), diajang pemeran UMKM se Indonesia, di Java Mall, Semarang, pada Sabtu (14/4).

SEMARANG- Puluhan tas, sepatu, kalung etnik dan aneka makanan ringan khas Palangkaraya, Kalimantan Tengah, memenuhi stand Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng), diajang pemeran UMKM se Indonesia, di Java Mall, Semarang, pada Sabtu (14/4).

Aneka kerajinan tersebut dibuat dari bahan asli Kalimantan, seperti rotan dan batu giok, yang dirangkai sedemikian rupa hingga menjadi barang yang bernilai jual. Selain kerajinan tangan, ada pula produk lain seperti Kopi Copang yang diambil dari Pangkoh Kalteng, Kripik Pare, hingga Pisang Sale.

Salah satu penjaga stand, Elias David mengatakan, jika produk-produk itu dibawa menuju pameran guna memperkenalkan beragam produk kesenian Kalimantan yang tidak kalah bagus dan uniknya dari tempat lain.

“Semua produk yang kita bawa ada yang terbuat dari rotan dan batu-batuan khas Kalimantan. Semua kita bawa agar orang tahu ini produk kesenian dan adatnya Kalimantan,” kata Elias David.

Dijelaskan, semua produk tersebut dibuat oleh masyarakat setempat seperti ibu rumah tangga dan para pemuda di bawah binaan Dekranasda Palangkaraya.

“Di sana kita kan ada Dekranasda yang ngembangin kesenian kayak yang dibawa sekarang. Aslinya ada banyak tapi kita cuma bawa ini saja,” ujarnya.

Ia berharap, melalu kegiatan pameran itu menjadikan masyarakat Jewa Tengah khususnya kian menggenal produk asal Kalimantan yang sangat beragam.

“Ini kan produk kesenian dan adat daerah kita. Semoga dengan banyak yang datang melihat bisa dikenal lebih luas lagi,” ujarnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

PLN Berikan Bantuan Listrik Gratis di Jawa Tengah

SEMARANG - PLN memberikan bantuan penyambungan listrik gratis kepada masyarakat kurang mampu yang berada di wilayah Jawa Tengah. Bantuan...

Pakai Smartfren di Realme C21 Ada Bonus Kuota 384 GB Hingga Hadiah Smart TV

JAKARTA - Smartfren kembali menghadirkan paket bundling terbaik untuk seluruh masyarakat Indonesia. Kali ini pelanggan yang membeli smartphone Realme...

XL Axiata Donasikan 100 Laptop ke Belasan Pesantren

BOYOLALI -  PT XL Axiata (XL Axiata) menyalurkan donasi 100 unit laptop dan sarana akses internet untuk 12 pondok pesantren...

Apindo Semarang Jamin Perusahaan Bayar THR Secara Penuh

SEMARANG - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Semarang memastikan perusahaan di kawasan ini akan membayar Tunjangan Hari Raya (THR)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Dipimpin Evolusi OLED, Lini TV LG Tahun 2021 Siap Meluncur

JAKARTA - PT LG Electronics Indonesia (LG) mengeluarkan pernyataan kesiapan perusahaan dalam memperkenalkan lini TV terbarunya di tahun ini....

SIG Bukukan Laba Rp450,36 Miliar

*Kuartal I Tahun 2021 JAKARTA– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Kuartal I tahun 2021 mencatatkan laba yang dapat diatribusikan...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda