Begini Cara Dekranasda Palangkaraya Perkenalkan Produk Kesenian Daerah

Puluhan tas, sepatu, kalung etnik dan aneka makanan ringan khas Palangkaraya, Kalimantan Tengah, memenuhi stand Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng), diajang pemeran UMKM se Indonesia, di Java Mall, Semarang, pada Sabtu (14/4).

SEMARANG- Puluhan tas, sepatu, kalung etnik dan aneka makanan ringan khas Palangkaraya, Kalimantan Tengah, memenuhi stand Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng), diajang pemeran UMKM se Indonesia, di Java Mall, Semarang, pada Sabtu (14/4).

Aneka kerajinan tersebut dibuat dari bahan asli Kalimantan, seperti rotan dan batu giok, yang dirangkai sedemikian rupa hingga menjadi barang yang bernilai jual. Selain kerajinan tangan, ada pula produk lain seperti Kopi Copang yang diambil dari Pangkoh Kalteng, Kripik Pare, hingga Pisang Sale.

Salah satu penjaga stand, Elias David mengatakan, jika produk-produk itu dibawa menuju pameran guna memperkenalkan beragam produk kesenian Kalimantan yang tidak kalah bagus dan uniknya dari tempat lain.

“Semua produk yang kita bawa ada yang terbuat dari rotan dan batu-batuan khas Kalimantan. Semua kita bawa agar orang tahu ini produk kesenian dan adatnya Kalimantan,” kata Elias David.

Dijelaskan, semua produk tersebut dibuat oleh masyarakat setempat seperti ibu rumah tangga dan para pemuda di bawah binaan Dekranasda Palangkaraya.

“Di sana kita kan ada Dekranasda yang ngembangin kesenian kayak yang dibawa sekarang. Aslinya ada banyak tapi kita cuma bawa ini saja,” ujarnya.

Ia berharap, melalu kegiatan pameran itu menjadikan masyarakat Jewa Tengah khususnya kian menggenal produk asal Kalimantan yang sangat beragam.

“Ini kan produk kesenian dan adat daerah kita. Semoga dengan banyak yang datang melihat bisa dikenal lebih luas lagi,” ujarnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here