Rumah Zakat Bantu Anggota UMKM Tingkatkan Nilai Produk Usaha

MAKASSAR- Rumah Zakat membantu anggota binaan UMKM untuk meningkatkan nilai produk salah satu jenis usaha warga di Kelurahan Bakung Makassar. Salah satunya adalah Hidayatullah yang mempunyai usaha produksi kopi bubuk.

Sebelum mendapatkan pembinaan, usaha Hidayat terkendala dengan modal yang terbatas. Selain itu, ia juga mengaku kesulitan dalam memasarkan hasil produksi kopinya.

“Sebelumnya saya harus membeli biji kopi di pengepul di luar daerah, lalu saya bawa ke jasa penggilingan, hingga akhirnya dibawa ke rumah untuk disangrai. Sedangkan untuk penjualannya, saya hanya menitipkan di koperasi dan mengandalkan jaringan pertemanan saja,” ungkap Hidayatullah, Kamis (19/7).

Menurut Nurdin, Fasilitator Desa Berdaya Bakung, sebelumnya Rumah Zakat telah memberikan bantuan usaha berupa mesin penggiling biji kopi. Kali ini, Rumah Zakat memfasilitasi anggota binaan dengan program penguatan produk dan meningkatkan branding produk para anggota.

“Program ini bertujuan untuk memaksimalkan nilai jual produk anggota, kami mengganti kemasan kopi Pak Hidayat dengan yang lebih elegan. Diharapkan dengan kemasan yang baru ini bisa memperluas sasaran konsumen,” kata Nurdin. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here