UMKMDinas Koperasi dan UKM Jateng Bakal Gelar Smesco Expo...

Dinas Koperasi dan UKM Jateng Bakal Gelar Smesco Expo di Java Mall

-

- Advertisment -spot_img

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah, Ema Rachmawati.

SEMARANG- Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Tengah bakal menggelar kegiatan Expo Rebranding Produk dan UMKM Naik Kelas.

Kegiatan yang bertajuk Smesco Expo 2018 ini akan dilaksanakan mulai 10 hingga 13 Agustus 2018 di Java Mall, Kota Semarang.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah, Ema Rachmawati mengatakan, Semesco Expo ini merupakan kali pertama digelar, sehingga diharapkan masing-masing pelaku UMKM memiliki kompetensi dan daya saing produknya dalam era globalisasi saat ini.

“Ada dua poin yang akan diusung pada pameran kali ini. Pertama adalah rebranding produk dan kedua yakni UMKM naik kelas. Lewat kegiatan ini harapannya supaya masing-masing pelaku UMKM nantinya memiliki kompetensi dan daya saing produknya dalam era globalisasi saat ini,” kata Ema, Senin (6/8).

Dikatakan, para pelaku UMKM yang akan hadir diantaranya adalah 15 wirausaha baru binaan Dinas Koperasi dan UKM Jateng. 15 wirausaha baru ini sebelumnya telah mendapat fasilitas kegiatan berupa pendampingan usaha melalui UMKM Centre, Balai Latihan Koperasi dan UMKM, serta Restrukturisasi Usaha melalui pelatihan, magang dan sertifikasi.

“Sementara peserta lainnya yang berjumlah 60 orang terdiri dari perwakilan dari provinsi seperti Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Bali serta Kabupaten Kota dan BUMN/BUMD/swasta,” ujarnya.

Ditambahkan, dalam pameran kali ini tidak ada target transaksi namun lebih kepada pemaksimalan produk masing-masing UMKM.

“Expo kali ini kami tidak menargetkan penjualan meski tetap ada transaksi. Kami lebih tekankan pameran produk yang telah rebranding dan naik kelas,”

Ia melanjutkan, hingga saat ini pihaknya telah melakukan sertifikasi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) sebanyak 400 orang selama 2018. Sedangkan untuk sertifikasi halal, total ada sebanyak 210 usaha yang telah difasilitasi perizinannya sejak 2017. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Pertamina Siagakan Agen dan Pangkalan LPG

*Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H SEMARANG– Menyambut Idul Fitri 1442 H, Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah menetapkan...

PLN Berikan Bantuan Listrik Gratis di Jawa Tengah

SEMARANG - PLN memberikan bantuan penyambungan listrik gratis kepada masyarakat kurang mampu yang berada di wilayah Jawa Tengah. Bantuan...

Pakai Smartfren di Realme C21 Ada Bonus Kuota 384 GB Hingga Hadiah Smart TV

JAKARTA - Smartfren kembali menghadirkan paket bundling terbaik untuk seluruh masyarakat Indonesia. Kali ini pelanggan yang membeli smartphone Realme...

XL Axiata Donasikan 100 Laptop ke Belasan Pesantren

BOYOLALI -  PT XL Axiata (XL Axiata) menyalurkan donasi 100 unit laptop dan sarana akses internet untuk 12 pondok pesantren...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Apindo Semarang Jamin Perusahaan Bayar THR Secara Penuh

SEMARANG - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Semarang memastikan perusahaan di kawasan ini akan membayar Tunjangan Hari Raya (THR)...

Dipimpin Evolusi OLED, Lini TV LG Tahun 2021 Siap Meluncur

JAKARTA - PT LG Electronics Indonesia (LG) mengeluarkan pernyataan kesiapan perusahaan dalam memperkenalkan lini TV terbarunya di tahun ini....

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda