Jelang Ramadhan, Harga Kebutuhan Pokok di Semarang Cenderung Stabil

SEMARANG- Menjelang Ramadhan 1439 H, harga beberapa bahan pokok kebutuhan rumah tangga di relokasi Pasar Johar, sekitar Masjid Agung Jawa Tengah, pada Rabu (2/5) cenderung stabil karena stok yang aman.

Salah satu Pedagang Cabai di Pasar Johar, Marliya (38) mengatakan, beberapa hari menjelang Ramadhan kali ini harga cabai yang dijualnya masih stabil dan tidak ada peningkatan seperti bulan-bulan sebelumnya.

“Harganya masih aman, belum ada kenaikan soalnya kan sudah masuk masa panen dan jarang cabai yang kena hama dan banjir jadi stoknya lancar terus,” kata Marliya, yang sudah berjualan cabai selama lebih dari 20 tahun itu, Rabu (2/4).

Dijelaskan, saat ini harga yang dijualnya untuk Cabai Rawit Merah Rp 17.000 per kilogram, Cabai Merah Keriting Rp 24.000 per kilogram, Cabai Rawit Putih Rp 11.000 per kilogram, Cabai Teropong Rp 30.000 per kilogram, dan Cabai Rawit Hijau Rp 16.000 per kilogram.

Ia melanjutkan, hingga beberapa hari terakhir menjelang Ramadhan ini justru para pembeli yang datang terbilang masih normal dan tidak ada peningkatan jumlah pembeli.

“Yang beli masih normal, wajar kayak hari-hari biasa. Mungkin ramainya nanti pas mau lebaran,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu pedagang bawang di Pasar Johar, Andi (36) mengungkapkan, harga bawang merah maupun putih juga terpantau stabil dan tidak ada tanda-tanda kenaikan di hari-hari terakhir menjelang Ramadhan kali ini.

“Harga bawang masih stabil dan justru malah turun drastis jika kemarin naik dari Rp 55.000 per kilogram untuk bawang putih sekarang jadi Rp 13.000 per kilogram. Dan bawang merah sekarang juga turun jadi Rp 26.000 per kilogram hingga Rp 27.000 per kilogram,” ucapnya.

Ia menjelaskan, untuk memenuhi kebutuhan dagangan bawangnya, selama ini ia mengambil dari daerah Demak, Pegandon, Bojonegoro, Nganjuk, Temangung, dan Madura.

Sementara itu ia juga berharap, datangnya bulan Ramadhan kali ini harga kebutuhan pokok bisa terus normal dan tidak naik. Hal itu supaya tidak terjadi pembengkakan biaya dan keluhan dari ibu rumah tangga.

“Semoga di Ramadhan dan pas Hari Raya Idul Fitri harga-harga tetap stabil, dan meski ada kenaikan nantinya semoga tidak terlalu tinggi,” pungkasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here