Ribuan Umat Islam Khusu’ Mengikuti Salat Gerhana Bulan Total di MAJT

 

Ribuan umat Islam saat menjalankan salat sunat gerhana di Plaza MAJT, Rabu (31 /1/2018) malam.

SEMARANG-www.zonapasar.com – Plaza Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Semarang, Rabu (31/1/2018) malam dipenuhi ribuan orang. Kedatangan mereka untuk ikut melaksanakan Salat Gerhana Bulan yang digelar di areal bawah payung elektrik masjid setempat. Mereka sangat antusias ingin menjadi saksi sejarah atas terjadinya fenomena Gerhana Bulan Total atau dikenal Super Blue Blood Moon. Para pakar memperkirakan kejadian akan terjadi dalm 150 san tahun sekali.

Pengelola MAJT memang telah menyiapkan plaza masjid untuk pelaksanaan Salat Gerhana Bulan. Rangkaian acara dimulai dengan pengamatan gerhana bulan, dilanjutkan salat gerhana setelah salat Isya. Ribuan jamaah dengan khusuk menjalankan salat sunah itu yang dilanjut dengan khutbanh.

Jalannya pengamatan gerhana bulan total  dipandu oleh Ketua Tim Hisab Rukyat (THR) Menara Al-Husna MAJT yang juga Ketua Umum Asosiasi Dosen Falak Indonesia Ahmad Izzuddin. Dia mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan dengan matang kegiatan untuk menyambut gerhana bulan ini.

“Pengecekan lokasi dan pemantauan kondisi cuaca akan terus dilakukan untuk memastikan masyarakat nantinya akan dapat melaksanakan salat gerhana di Plaza MAJT, sekaligus langsung melaksanakan pengamatan gerhana bulan total,” ujar Izzudin.

Izzudin menyebutkan, beberapa peralatan untuk pengamatan telah dipersiapkan untuk melakukan pengamatan Gerhana Bulan total. Semisal teleskop, binokuler dan sebagainya didatangkan dari UIN Walisongo Semarang dan Kantor Kementerian Agama Wilayah Jawa Tengah.

“Peristiwa gerhana bulan total ini merupakan fenomena astronomi unik dan langka, oleh sebab itu kita harus menyambutnya dengan totalitas dengan melaksanakan kegiatan ibadah yang ilmiah, yaitu dengan melaksanakan salat gerhana bulan dan pengamatan gerhana bulan,” jelasnya.
(ZP03)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here