UMKMWow... Kain Perca Juga Bisa Jadi Gantungan Kunci Menarik

Wow… Kain Perca Juga Bisa Jadi Gantungan Kunci Menarik

-

- Advertisment -spot_img

GANTUNGAN KUNCI- Para peserta memamerkan hasil karya gantungan kunci kain perca yang dibuatnya, usai pelatihan Craft Class yang digelar Komunitas Tangan Terampil, di Foodcourt DP Mall Semarang, Selasa (13/3). FOTO : M. Nurrozikan

 

SEMARANG- Jika kebanyakan orang menganggap kain perca tidak terlalu berguna, hal berbeda justru dilakukan komunitas Tangan Terampil. Mereka mampu menyulap kain perca menjadi gantungan kunci yang bernilai jual tinggi.

Founder Tangan Terampil, Naneth Ekopriyono mengatakan, pelatihan pembuatan gantungan kunci berbahan kain perca sangat penting untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan, khususnya bagi kaum perempuan. Apalagi, Tangan Terampil melihat di Semarang pertumbuhan Handy Craft sangat baik.

“Pertama silaturrahmi. Kemudian membangun networking, biar ibu-ibu dan masyarkat bisa tumbuh. Soalnya, kami merasa bertanggung jawab untuk mengembangkan potensi handy craft berbahan dasar kain perca di Semarang,” kata Naneth, kepada ZonaPasar.com.

Naneth menambahkan, komunitas Tangan Terampil tersebut memang fokus terhadap kegiatan – kegiatan pengembangan jiwa kewirausahaan, melalui pelatihan dan pendampingan wirausaha.

“Kita memang fokus di kewirausahaan, dengan prinsip be develope people true enterpreneurship. Jadi, kita membantu masyarakat agar menjadi pelaku wirausaha. Adapun pelatihan kali ini bertema handy craft dari kain perca, dimana modalnya tidak banyak dan bisa dikerjakan di rumah,” tambahnya.

Salah satu peserta pelatihan, Yayuk mengaku senang dengan diadakannya kegiatan ini, karena bisa menambah daya kreatifitas diri untuk pengembangan wirausaha.

“Senang banget, bisa nambah keterampilan, tambah teman, dan tambah pengetahuan, serta ke depan bisa dipakai untuk pengembangan usaha,” ujar Yayuk.

Senada dengan Yayuk, Dewi Sulistiyono mengatakan, jika ini pelatihannya yang pertama dan ia merasa sangat senang bisa mempunyai kesempatan mengikuti pelatihan ini.

“Senang, bisa tambah kenalan dan pengalaman. Selain itu kita juga bisa mengembangkan sendiri – sendiri karena sudah tahu cara dasarnya,” ungkapnya.

KERAJINAN– Para peserta tengah membuat kerajinan gantungan kunci dari kain perca yang digelar Tangan Terampil, Selasa (13/3), di Foodcourt DP Mall Semarang. FOTO : M. Nurrozikan.

 

Bisa Jadi Networking

Ke depan, lanjut Naneth, pelatihan ini akan dilaksanakan secara rutin. Bahkan, nantinya seusai pelatihan, para peserta pun bisa menjadi bagian utama dari Tangan Terampil.

“Kalau ke depan, ketika peserta sudah selesai mengikuti pelatihan ini akan masuk di dalam network kami. Dan kalau berminat bisa suplai produk ke kami, jadi kami bisa menjual produknya,” jelasnya.

Sementara, kegiatan pelatihan diikuti sebanyak 30 peserta yang beragam, mulai dari ibu rumah tangga, mahasiswa, bahkan siswa sekolah. Acara pelatihan dimulai pukul 14.00 hingga 16.00 WIB.

Sebagai penutup, dilakukan sesi foto bersama sambil membawa gantungan kunci hasil karya masing – masing peserta.(ZP/05)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

XL Axiata Donasikan 100 Laptop ke Belasan Pesantren

BOYOLALI -  PT XL Axiata (XL Axiata) menyalurkan donasi 100 unit laptop dan sarana akses internet untuk 12 pondok pesantren...

Apindo Semarang Jamin Perusahaan Bayar THR Secara Penuh

SEMARANG - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Semarang memastikan perusahaan di kawasan ini akan membayar Tunjangan Hari Raya (THR)...

Dipimpin Evolusi OLED, Lini TV LG Tahun 2021 Siap Meluncur

JAKARTA - PT LG Electronics Indonesia (LG) mengeluarkan pernyataan kesiapan perusahaan dalam memperkenalkan lini TV terbarunya di tahun ini....

SIG Bukukan Laba Rp450,36 Miliar

*Kuartal I Tahun 2021 JAKARTA– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Kuartal I tahun 2021 mencatatkan laba yang dapat diatribusikan...
- Advertisement -spot_imgspot_img

XL Axiata Donasikan 100 Laptop ke Belasan Pesantren

*Kembangkan Desa Digital BOYOLALI- PT XL Axiata (XL Axiata) menyalurkan donasi 100 unit laptop dan sarana akses internet untuk 12...

Jelang Larangan Mudik, 27 Ribu Kendaraan Sudah Masuk Jateng Via Tol

SEMARANG - Jasa Marga Semarang-Batang mencatat 27 ribu kendaraan sudah memasuki Jawa Tengah hingga 1 Mei 2021 jelang larangan...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda