Pakar Ekonomi Undip: Iklim Kondusif Jadi Modal Jateng Tarik Investor

SEMARANG- Pakar Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang menyebutkan, Iklim di Jawa Tengah yang tergolong kondusif menjadi keunggulan Jateng untuk menarik investor.

Pakar Ekonomi Undip, FX Sugiyanto mengatakan, di provinsi Jateng sangat jarang diwarnai aksi demonstrasi secara besar-besaran sehingga menadi hal yang dipertimbangkan investor.

“Di Jateng ini jarang demo. Ini menjadi keuntungan yang luar biasa untuk menarik investor datang,” kata Sugiyanto, Kamis (26/7).

Dijelaskan, pemerintah Jateng kini juga sudah banyak melakukan perbaikan dari sistem birokrasi, dan dalam lima tahun terakhir mampu memberikan dampak positif terhadap iklim investasi.

Meski demikian, lanjutnya, pemerintah juga perlu meningkatkan sistem informasi yang dapat memudahkan calon investor agar bisa mendapatkan informasi yang komprehensif dengan mudah.

“Saya membayangkan investor kalau datang sudah dapat informasi yang dibutuhkan. Untuk itu, sistem online informasi perlu dibangun dengan baik,” ujarnya.

Dilanjutkan, adanya kepastian regulasi juga menjadi poin penting bagi investor meyakinkan diri berinvestasi di Jateng.

“Investasi masuk tentu perlu jaminan. Kepastian di dalam aturan dan pelaksanaannya akan menjamin stabilitas, sehingga ini sangat penting,” pungkasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here