Silaturahmi Kebhinekaan, Puluhan Ormas di Banyumas Deklarasi Tolak People Power

Silaturahmi kebangsaan dihadiri puluhan ormas di Banyumas dan mendeklarasikan menolak people power. (FOTO : Ning Effendi)
Silaturahmi kebangsaan dihadiri puluhan ormas di Banyumas dan mendeklarasikan menolak people power. (FOTO : Ning Effendi)

PURWOKERTO – Puluhan organisasi kepemudaan dan ormas di Kabupaten Banyumas, mendeklarasikan menolak people power yang mengarah pada tindakan inkostitusional. Dan para ormas ini sepakat untuk menjaga keutuhan dan persatuan bangsa.

Ikrar tersebut disampaikan dalam acara silaturahmi kebangsaan yang digelar di Hotel Grand Karlita, Purwokerto, Sabtu (18/5/2019) malam dan dihadiri puluhan ormas mulai dari Pemuda Pancasia, Pemuda Muhammadiyah Banyumas, Banser dan lain-lain.

Kapolres Banyumas, AKBP Bambang Yudhantara Salamun yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan, ucapan terima kasih kepada masyarakat Banyumas yang sudah mendukung suksesnya pemilu 2019.

“Kita semua harus memahami, bahwa Indonesia berdiri di atas keberagaman, begitu pula dengan Banyumas. Seperti di ruangan ini, banyak sekali seragam ormas yang berbeda, tetapi semua hadir dengan tujuan yang sama, dengan pemahaman yang sama, yaitu menjaga persatuan bangsa,” kata Kapolres.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres juga menyatakan apresiasinya terhadap KPU Banyumas yang sudah bekerja keras melaksanakan pemilu. Sehingga partisipasi pemilih di Banyumas meningkat dan termasuk yang tergolong tinggi. Pemilu juga dilaksnakaan dengan jujur, adil, demokratis dan tanpa kecurangan.

Silaturahmi Kebangsaan digelar dengan tujuan untuk menyamakan visi dan misi, dimana seluruh ormas dan masyarakat Banyumas menyatakan siap mendukung apapun keputusan KPU terkait hasil pemilu.

“Sejauh ini Banyumas sangat kondusif, belum ada kelompok-kelompok yang menyatakan akan ikut berangkat ke Jakarta untuk ikut aksi. Namun, kita tetap harus waspada dan melakukan langkah antisipasi dengan merangkul semua kalangan,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono dalam sambutannya menyatakan, apresiasi sebesar-besarnya kepada kinerja Porles Banyumas. Terutama kepada Kapolres Banyumas atas berbagai upaya yang dilakukan untuk menjaga kondusifitas Banyumas, serta yang selalu menyerukan slogan, Dewek Seduluran (red, kita semua bersaudara).

“Sejak Pilkada 2018 hingga pemilu kemarin, Pak Kapolres selalu menggaungkan Dewek Seduluran dan memviralkan, saya usulkan Pak Kapolres untuk menjadi Bapak Sedulurane wong Banyumas,” kata Sadewo. (Ning Effendi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here