UMKM200 Pelaku Ekonomi Kreatif Ikuti Bekraf Business Matching di...

200 Pelaku Ekonomi Kreatif Ikuti Bekraf Business Matching di Hotel Grand Arkenso Semarang

-

- Advertisment -spot_img

Sebanyak 200 pelaku usaha ekonomi kreatif (ekraf) di kota Semarang mengikuti kegiataan Business Matching yang diadakan oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) di Hotel Grand Arkenso Parkview Semarang, Selasa (10/4).

SEMARANG- Sebanyak 200 pelaku usaha ekonomi kreatif (ekraf) di kota Semarang mengikuti kegiataan Business Matching perbankan konvensional yang diadakan oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) di Hotel Grand Arkenso Parkview Semarang, Selasa (10/4).

Dalam kegiatan tersebut Becraf memberikan fasilitas bagi pelaku ekraf bertemu dengan perbankan selaku pemberi modal.

Direktur Akses Perbankan Bekraf, Restog K. Kusuma mengatakan, melalui kegiatan tersebut diharapkan para ekraf bisa mengetahui cara mendapatkan kepercayaan dari bank sehingga bisa diberikan modal usaha.

“Bank pada umumnya akan masuk saat usaha bapak dan ibuk sudah stabil. Kalau belum maka bank tidak berani masuk, soalnya bank itu melihat legalitas usaha, jadi legalitas sebagai unsur menambah keyakinan bank,” kata Resto K. Kusuma.

Dijelaskan, selain itu bank akan melihat kondisi internal maupun eksternal suatu usaha, mulai dari kerakter, kondisi, hingga melihat sejauh mana para pelaku ekraf mampu mengembalikan dana pinjaman.

“Jadi wajib diperhatikan, ini jadi pedoman. Biasanya bank juga akan meminta penambah keyakinan, meminta sejumlah jaminan,” ujarnya.

Deputi Akses Permodalan Bekraf, Fadjar Hutomo menambahkan, melalu kegiatan tersebut Bekraf menjembatani pelaku usaha ekraf untuk berinteraksi langsung dengan perbankan konvensional, sehingga diharapkan mereka bisa mendapatkan pembiayaan yang sesuai dengan kebutuhan dan business model mereka.

“Disisi lain, perbankan konvensional juga mengetahui kebutuhan model pembiayaan pelaku usaha ekraf, sehingga mereka bisa menyesuaikan persyaratan pengajuan pembiayaan,“ ungkap Fadjar Hutomo.

Kepala Bidang Pemberdayaan Koperasi, Kota Semarang, Sudarnyanto mengungkapkan, pihaknya sangat mendukung kegiatan tersebut, karena hal itu sesuai dengan visi misi pemerintah dalan memajukan perekonomian masyarakat.

“Kegiatan ini agar dimanfaatkan pelaku UMKM, agar terus berkarya dan kreatif.
Pemerintah hadir menfasilitasi permodalan dan Pemkot sangat mendukung, karena ini sejalan dengan visi misi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat,” tuturnya.

Anggota Komisi X DPR RI, A Mujib Rohmat mengatakan, pemerintah sangat mendukung kegiatan tersebut, dan DPR memiliki tugas dalam mendorong kemajuan ekonomi masyarakat.

“Ada tiga fungsi DPR dalam mendorong dan meningkatkan ekonomi masyarakat, kami bertugas membuat legislasi melalui UUD, kedua budgeting, dan ketiga pengawasan dan menyerap aspirasi masyarakat, khusunya masyarakat ekonomi yang ingin megembangakan ekonominya,” tandasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

ARTUGO Luncurkan Peranti Dapur Dengan Spesifikasi Istimewa

*Dukung Wirausaha Pemula TANGERANG- Diujung semester pertama tahun 2021, ARTUGO kembali meluncurkan sederet peranti dapur terbarunya. Tak tanggung – tanggung,...

Pertamina Berbagi Berkah Bulan Ramadhan

*Bantu Sarana Prasarana Panti Asuhan di Jateng-DIY SEMARANG– Sebagai bentuk tanggung jawab sosial, Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah menjalankan program...

Lebaran di Pekalongan Aja Menginap di Hotel Santika Pekalongan

PEKALONGAN - Lebaran Sebentar lagi. Hari yang di identikan dengan kemenangan umat muslim di seluruh dunia yang selalu di...

Pertamina Siagakan Agen dan Pangkalan LPG

*Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H SEMARANG– Menyambut Idul Fitri 1442 H, Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah menetapkan...
- Advertisement -spot_imgspot_img

PLN Berikan Bantuan Listrik Gratis di Jawa Tengah

SEMARANG - PLN memberikan bantuan penyambungan listrik gratis kepada masyarakat kurang mampu yang berada di wilayah Jawa Tengah. Bantuan...

Pakai Smartfren di Realme C21 Ada Bonus Kuota 384 GB Hingga Hadiah Smart TV

JAKARTA - Smartfren kembali menghadirkan paket bundling terbaik untuk seluruh masyarakat Indonesia. Kali ini pelanggan yang membeli smartphone Realme...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda