Ekonomi BisnisCari Modal Usaha, DPR Ajak UMKM Manfaatkan Dana Pinjaman

Cari Modal Usaha, DPR Ajak UMKM Manfaatkan Dana Pinjaman

-

- Advertisment -spot_img

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Juliari P Batubara (tengah) saat kunjungan kerja di Kampung Lumpia, di Kelurahan Kranggan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Kamis (27/9).

SEMARANG- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Juliari P Batubara mengajak para pelaku pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Semarang memanfaatkan dana pinjaman yang sudah disediakan dari berbagai lembaga untuk memperkuat usahanya.

Ari, sapaan akrab Juliari mengemukakan, bagi yang mencari modal usaha saat ini bisa meminjam dana lewat Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari bank-bank maupun dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB).

“Dari Kementerian dana pembinaan kan sudah tidak ada lagi, jadi sifatnya bisa pinjam apakah melalui KUR dari bank atau LPDB,” kata Juliari di sela-sela kegiatan kunjungan kerja di Kampung Lumpia, di Kelurahan Kranggan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Kamis (27/9).

Legislator dari Komisi VI DPR RI yang membidangi perdagangan, perindustrian, investasi, koperasi, UKM, dan BUMN ini menjelaskan, dana pembinaan UMKM yang diberikan secara langsung memang sudah tidak ada lagi.

Dikatakan, dana pembinaan UMKM saat ini lebih banyak diberikan lewat BUMN yakni melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) ataupun program-program kemitraan bina lingkungan.

“BUMN ada CSR atau program kemitraan bina lingkungan,” ujar Wakil Bendahara Umum DPP PDI Perjuangan itu.

Sementara dalam kunjungan kerja di Kampung Lumpia itu, Juliari mengapresiasi kegiatan produksi kulit lumpia yang sudah berjalan baik. Namun, disebutnya masih banyak hal yang perlu diperbaiki.

“Ini hal positif, selama ini proses pemasaran sudah lancar, kita akan perbaiki kondisinya, insaallah akan lebih baik lagi,” ucapnnya.

Dijelaskannya, kekurangan yang ditemukan saat kunjungan tersebut terutama kebersihan dan kenyamanan para pembuat kulit lumpia yang masih memprihatinkan. “Kondisi cukup memprihatinkan, dari segi kenyamanan, higienisnya, itu kan makanan jadi perlu diperhatikan,” tandasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

XL Axiata Operasikan BTS USO di Kawasan Timur Indonesia

JAKARTA- PT. XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus membangun infrastruktur jaringan 4G ke berbagai wilayah terpencil di Kawasan Timur...

Mengenal Lebih Dekat GM Patra Semarang Hotel & Convention

SEMARANG - Pria kelahiran Sidoarjo Jawa Timur ini mengawali karirnya sebagai seorang Pengajar, namun sejak tahun 1993 memutuskan...

Pertamina Tanam 5000 Mangrove

CILACAP– Integrated Terminal Cilacap yang merupakan unit operasi dari Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, kembali melakukan...

Griya Riset Indonesia Siapkan Generasi Unggul Melalui Riset dan Kepenulisan

SEMARANG - Griya Riset Indonesia (GRI) hadir sebagai wadah yang membangun mental dan nalar ilmiah generasi muda yang memiliki...
- Advertisement -spot_imgspot_img

BMW Astra Card, Keanggotaan Ekslusif dengan Berbagai Manfaat

JAKARTA - Sebagai bentuk layanan menyeluruh dari BMW Astra untuk para pelanggan, BMW Astra memberikan BMW Astra Card untuk...

Reformasi Struktural Jadi Kunci Percepatan Pemulihan Ekonomi

JAKARTA – UOB Indonesia memproyeksikan, perekonomian Indonesia akan tumbuh setidaknya lima persen pada tahun 2022. Hal ini seiring dengan...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda